E-COMMERCE

Ridwan Kamil Apresiasi Upaya Shopee Bantu UMKM Go Digital dan Go Global

Kompas.com - 02/06/2021, 18:02 WIB
Lewat kerja sama tersebut, Shopee berkomitmen memberikan 5.000 perangkat komputer yang akan didistribusi ke desa guna percepatan digitalisasi UMKM. Dok. ShopeeLewat kerja sama tersebut, Shopee berkomitmen memberikan 5.000 perangkat komputer yang akan didistribusi ke desa guna percepatan digitalisasi UMKM.

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi langkah e-commerce Shopee dalam upayanya mendukung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jabar.

Apresiasi tersebut disampaikan Ridwan Kamil di depan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki dalam penguatan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Shopee yang digelar secara virtual, Rabu (2/6/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, Shopee saat ini tak lagi melakukan impor. Sebaliknya, impor dihentikan.

“Shopee adalah mitra utama pemerintah dalam mengekspor barang UMKM sampai bikin sekolahnya. E-commerce lain belum sejauh itu komitmennya,” ujar Emil dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Teten Masduki Apresiasi Kerja Sama Shopee dan BUMDes Jabar

Untuk diketahui, Shopee saat ini tengah menjalankan berbagai program untuk UMKM. Program yang saat ini tengah berjalan adalah UMKM Go Digital hingga Go Global. Pelatihan tersebut dilakukan melalui Kampus Ekspor Shopee yang sudah dibuka di Kota Solo, Jawa Tengah.

Program untuk UMKM dari Shopee tersebut, lanjut Emil, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi e-commerce lainnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jangan sampai Shopee sendiri sudah mengikuti regulasi tapi brand-brand lain tidak (menjalankan regulasi). Saya rasa ini kewenangannya ada di pusat,” jelas Emil.

Baca juga: Kesuksesan IndoPowder Bersama Shopee Turut Menggerakkan UMKM Lokal

Percepat digitalisasi UMKM

Terkait kerja sama tersebut, Emil mengatakan program yang digalang Shopee akan menjadi transformasi digital termasif di Indonesia.

Lewat kerja sama itu, Shopee berkomitmen memberikan 5.000 perangkat komputer yang akan didistribusi ke desa guna percepatan digitalisasi UMKM.

“Ini peristiwa luar biasa. Transformasi digital paling masif di republik ini ada di Jawa Barat. Nantinya akan ada 5.000 pusat digital desa yang infrastrukturnya akan didukung Shopee. Jadi revolusi digital di Jabar tidak setengah-setengah tapi langsung transformasi yang sangat cepat,” jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.