Sandiaga Uno Ungkap Model Pariwisata di Era Baru, Seperti Apa?

Kompas.com - 02/06/2021, 22:36 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berada di desa wisata Pujon Kidul, Malang, Sabtu (22/5/2021). Dok. KemenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berada di desa wisata Pujon Kidul, Malang, Sabtu (22/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Periwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan pergeseran tren pariwisata di era konormalan baru.

“Tren pariwisata pasca pandemi sudah terlihat, mengarah kepada normalize, customize, localized, dan personalize smaller in size. Peningkatan rasa aman dan nyaman dalam berwisata juga terlihat dengan kunjungan di berbagai destinasi super prioritas ini,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Rabu (2/6/2021).

Pariwisata era baru adalah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan. Oleh karena itu, semua aspek perlu memiliki kualitas dan berkelanjutan. Ini menjadi hal penting, dimana kita akan all out menyiapkan destinasi untuk mengimplementasikan ESG,” tambah dia.

Baca juga: Sandiaga: Desa Wisata Miliki Potensi Besar Bangkitkan Sektor Pariwisata RI

Di samping itu, penerapan protocol CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) merupakan standar baru bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di masa kini.

Sandiaga berharap dengan tren pariwisata baru tersebut, dapat mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

“Bali, kami targetkan di tahun 2030 akan disuplai oleh energi baru dan terbarukan, pengelolaan sampah yang ramah lingkungan ada di hulu, penggunaan kendaraan listrik, terobosan yang berkaitan dengan penggunaan air yang ramah lingkungan, dan penggunaan solar panel,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sandiaga Uno: Work From Bali Bisa Tingkatkan Keterhunian Hotel Hingga 30 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.