Bos Mr D.I.Y Jadi Orang Kaya Baru Malaysia, Pendiri AirAsia Justru Terdepak

Kompas.com - 03/06/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Orang-orang kaya di seluruh dunia seolah tak terdampak pandemi, tak terkecuali para taipan dari Negeri Jiran Malaysia.

Mengutip Forbes, Kamis, (3/6/2021), kekayaan kolektif para taipan naik 14 persen menjadi hampir 90 miliar dollar atau Rp 1.287 triliun (kurs Rp 14.300 per dollar AS) tahun ini.

Harta 50 orang paling kaya tersebut melonjak dari sebelumnya di kisaran 79 miliar dollar AS setahun lalu. Padahal pandemi Covid-19 sudah memorak-porandakan ekonomi hingga -5,6 persen tahun 2020.

Baca juga: Baru Berusia 27 Tahun, Pencipta Ethereum Kini Sudah Berstatus Miliarder

Sejumlah nama memang langganan masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Tapi menariknya, ada 5 pendatang baru dalam daftar orang kaya tahun ini. Salah satu di antaranya adalah duo Tan Yu Yeh dan Yu Wei dari Mr D.I.Y. Group.

Dua bersaudara yang merupakan orang dibalik Mr. D.I.Y Group dinobatkan menjadi orang terkaya ke-10 dengan kekayaan bersih sebesar 2,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 38,62 triliun.

Empat pendatang baru lainnya adalah Tan Eng Kee, Ng Chai Eng, Lau Chee Kheong, dan Steven Siaw Kok Teng. Semuanya industri milik 4 taipan ini berbasis di Penang, sebuah wilayah yang menjadi pusat teknologi super sibuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penang diuntungkan dari konflik geopolitik perdagangan AS-China. Berkat konflik tersebut, perusahaan-perusahaan global berusaha mendiversifikasi rantai pasokan di berbagai wilayah selain China.

Tan Eng Kee masuk dalam daftar ke-22 dengan kekayaan 965 juta dollar AS. Dia adalah salah satu pendiri Greatech Technology, pembuat pabrik peralatan otomatisasi.

Sementara Ng Chai Eng masuk ke peringkat 37 dengan total kekayaan bersih mencapai 450 juta dollar AS.

Dua lainnya, yakni Lau Chee Kheong masuk pada posisi ke-38 dengan nilai kekayaan bersih 445 juta dollar AS), dan Siaw Kok Teng di posisi ke-49 dengan kekayaan bersih 325 juta dollar AS.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.