Perhelatan Kewirausahaan, Pemanis di Tengah Euforia Penciptaan Wirausaha Muda

Kompas.com - 03/06/2021, 17:36 WIB
Ilustrasi: Wirausaha ThinkstockIlustrasi: Wirausaha

Oleh: Frangky Selamat dan Fianny Andrea

DI ATAS panggung yang berdiri megah, empat orang mahasiswa dengan semangat membara menjelaskan gagasan rencana bisnis yang mereka ciptakan di hadapan dewan juri dan tatapan takjub puluhan penonton.

Layar lebar dan sorotan lampu menampakkan jelas aura spirit muda yang tidak kenal lelah. Iming-iming hadiah uang membuat mereka makin bergairah.

Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat anak muda untuk menggelar kompetisi bisnis dalam protokol kesehatan yang ketat.

Selain diselenggarakan secara luring, live streaming melalui YouTube pun disediakan panitia agar mahasiswa yang tidak bisa hadir di tempat dapat tetap menyaksikan rekan-rekan mereka beraksi.

Ketika kegiatan di kampus ditiadakan, ajang kompetisi bisnis ini seolah menjadi oasis, memberikan kesegaran sejumlah mahasiswa untuk kembali beraktivitas dan menuangkan ide-ide bisnis inovatif yang mereka gagas.

Baca juga: Ini Kelemahan Wirausaha Muda Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tempat lain, sekumpulan siswa sebuah sekolah menengah atas tidak mau kalah dengan kakak-kakak mahasiswa. Sebagaimana tradisi setiap tahun, mereka mengadakan acara kewirausahaan dengan tajuk "Entrepreneur's Day".

Di acara itu sejumlah wirausaha muda diundang untuk berbagi pengalaman membangun dan mengelola bisnis. Selain itu akademisi dari perguruan tinggi juga diundang memberikan perspektif ilmiah bagaimana memulai usaha dengan merancang model bisnis terlebih dahulu.

Semarak kegiatan kewirausahaan di lembaga pendidikan, baik di tingkat menengah dan tinggi, menegaskan "keberhasilan" pemerintah memasyarakatkan kewirausahaan di kalangan muda.

Menumbuhkan intensi untuk mempersiapkan diri sejak dini menjadi wirausaha. Bukan menjadi wirausaha by accident, seperti kebanyakan pandangan masa lampau, menjadi wirausaha karena tidak diterima bekerja di perusahaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X