Kompas.com - 03/06/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi Aplikasi TikTok GSM ArenaIlustrasi Aplikasi TikTok

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform distribusi video singkat, TikTok, menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis dalam negeri bertajuk #MajuBarengTikTok.

Program ini merupakan komitmen TikTok untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diusung oleh pemerintah Republik Indonesia dan disokong oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM, Kemenkop UKM Dwi Andriani Sulistyowati mengatakan, dengan diselenggarakannya program ini dapat dimanfaatkan oleh para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk mendapatkan pelatihan secara digital sehingga bisa meningkatkan skala bisnisnya.

Baca juga: Luhut Ingin Industri Kecil Menengah Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

"Digitalisasi adalah bagian penting untuk penguatan ekonomi KUMKM. Untuk bisa mewujudkannya, perlu adanya kolaborasi dengan platform digital melalui program literasi digital, pengembangan kapasitas SDM, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi hingga mengoptimalkan akses pasar bagi para pelaku usaha,"ujarnya dalam siaran resminya yang diterima Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Hal serupa juga diamini oleh Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

Menurut dia, dalam konteks industri, dengan adanya digital, kemudahan akses dapat meningkatkan konsumsi sekaligus kebanggaan masyarakat akan produk dalam negeri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini, kualitas industri kecil, menengah, dan aneka negeri terus meningkat ke arah yang baik, mulai dari inovasi, originalitas, hingga manfaat produk. Perkembangan positif ini perlu disinergikan dengan akses transaksi digital yang mudah di berbagai kanal, IKM harus dapat beradaptasi dengan teknologi dan cara pemasaran yang terus berkembang agar IKM dapat terus tumbuh dan berkembang dengan optimal," sebutnya.

Sementara itu Head of SMB, TikTok Indonedia Pandu Nitiseputro menjelaskan, program #MajuBarengTikTok ini akan diselenggarakan pada 3-29 Juni 2021. Inisiatif ini berupa rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen.

Baca juga: Heboh BLT UMKM Tahap 3, Ini Penjelasan Kemenkop UMKM

TikTok juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Telkomsel, BCA, Pertamina, GoFood, BliBli, Moka, Foodizz, Micro Mentor, hingga SMESCO, untuk turut memberikan materi yang bermanfaat bagi UKM dan IKM.

"UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Kami selalu berusaha mendukung pertumbuhan keduanya dengan menyediakan platform, di mana mereka bisa menyampaikan pesan brandnya, termasuk dengan berbagai fitur dan tools yang tersedia, dengan anggaran yang fleksibel," ucapnya.

"Program #MajuBarengTikTok ini menjadi perwujudan nyata usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami," tambah dia.

Baca juga: Bos TikTok Resign di Usia 38 Tahun, Kekayaan Capai Rp 526,4 Triliun



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X