KILAS

Menaker Harap Kerja Sama Kemenaker dengan MES Dorong Minat Masyarakat Berwiraswasta

Kompas.com - 03/06/2021, 20:28 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menghadiri audiensi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (3/6/2021). DOK. Humas KemnakerMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menghadiri audiensi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) diharapkan dapat membuat Badan Latihan Kerja (BLK) Komunitas memberikan pelatihan sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

“Sehingga setiap lulusan BLK Komunitas dapat terserap di dunia industri. Kerja sama ini juga diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha,” kata Ida dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/6/2021).

Pernyataan itu disampaikan Ida menyusul rencana Kemenaker untuk melakukan kerja sama dengan MES dalam mengembangkan kemandirian BLK Komunitas yang berlangsung saat proses audiensi di Kantor Kemenaker, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menaker Ida Fauziyah Tak Ingin BLK Lahirkan Pengangguran Baru

Dalam audiensi tersebut, Ida didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalatvoktas) Kemnaker Budi Hartawan.

Kemandirian itu, jelas Ida, sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan BLK Komunitas di setiap daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ida memaparkan, hingga tahun 2020, terdapat 2.125 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurutnya, kerja sama dengan berbagai stakeholder merupakan hal yang krusial untuk mengembangkan program pelatihan serta jejaring industri guna memastikan kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan pasar kerja setempat.

Baca juga: Video Viral Anak Buah Izin Sakit Disebut Sabotase Bisnis, Ini Kata Kemnaker dan Serikat Pekerja

"Saat ini Kemenaker bahkan berencana membangun kembali 1.000 BLK yang direncanakan rampung pada 2021," ungkap Ida.

Untuk itu, dia berharap kerja sama kemandirian tersebut bisa segera ditindaklanjuti. Salah satunya melalui roadmap BLK Komunitas.

“Kerja sama bisa dimulai dari pendanaan pelatihan, pemberdayaan ekonomi pelatihan, serta kemitraan dengan berbagai industri maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) MES Iggi Haruman Achsien mengatakan, tujuan dari kerja sama kedua belah pihak itu adalah penguatan kapasitas BLK Komunitas.

Baca juga: Posko THR Terima Banyak Pengaduan, Kemnaker Minta Kadisnaker Berikan Informasi Real-Time

“Kami (MES) berharap bisa membantu Kemenaker dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan BLK Komunitas, baik dari sisi pelatihan kerja maupun kewirausahaan di pesantren," jelas Iggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.