TikTok Adakan Program Pendidikan Gratis bagi UKM dan IKM

Kompas.com - 04/06/2021, 15:29 WIB
Ilustrasi UMKM. (DOK. iSTOCKPHOTO) Ilustrasi UMKM. (DOK. iSTOCKPHOTO)

JAKARTA, KOMPAS.com - TikTok menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis dalam negeri bertajuk #MajuBarengTikTok.

Program ini merupakan upaya TikTok untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diusung oleh pemerintah.

Program pendidikan tersebut diselenggarakan mulai 3-29 Juni 2021. Program #MajuBarengTikTok terdiri dari rangkaian pelatihan inspiratif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) di seluruh Indonesia, disokong oleh pemerintah melalui Kemenkop UKM serta Kementerian Perindustrian dan sejumlah mitra terkait.

Baca juga: 3 Startup Ini Kolaborasi Untuk Dorong Geliat Produk UMKM Lokal

"UKM dan IKM merupakan bagian penting dari komunitas TikTok. Kami selalu berusaha mendukung pertumbuhan keduanya dengan menyediakan platform, di mana mereka bisa menyampaikan pesan brandnya, termasuk dengan berbagai fitur dan tools yang tersedia, dengan anggaran yang fleksibel," ujar Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro melalui keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

"Program #MajuBarengTikTok ini menjadi perwujudan nyata usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami," sambung dia.

Program pendidikan gratis ini diadakan secara daring (online) yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen.

TikTok juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Telkomsel, BCA, Pertamina, GoFood, BliBli, Moka, Foodizz, Micro Mentor, hingga Smesco, untuk turut memberikan materi yang bermanfaat bagi UKM dan IKM.

Baca juga: Komisi IV DPR Minta BPUM UMKM Dilanjutkan hingga Tahun 2022

Setelah mendapat serangkaian pelatihan di kelas online, peserta #MajuBarengTikTok akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat digital.

Peserta yang terpilih juga berkesempatan mendapat bantuan berupa credit ads TikTok sehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung ke bisnis masing-masing.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Program #MajuBarengTikTok pun ditargetkan dapat menjangkau 50.000 pelaku UKM dan IKM. Informasi lebih lengkap mengenai program #MajuBarengTikTok termasuk formulir pendaftaran dapat diakses di www.MajuBarengTikTok.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X