Untung Rugi Investasi Kripto, Simak Tipsnya Supaya Tidak Buntung

Kompas.com - 06/06/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency nytimes.comIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang kini mendadak membicarakan mata uang kripto (cryptocurrency). Ini lantaran harganya yang terus melambung tinggi dibandingkan di awal kemunculannya.

Cyptocurrency sendiri sudah sukses melahirkan jutawan, bahkan miliuner dalam beberapa tahun terakhir. Namun yang perlu dipahami, investasi cyptocurrency juga terbilang berisiko tinggi. Sudah banyak cerita mereka yang kehilangan uangnya ketika harga cyptocurrency terjun bebas.

Aktivitas trading cyptocurrency pun meningkat setiap tahunnya seiring dengan kian banyaknya variasi coin yang ditawarkan. Kenaikan aktivitas ini juga didorong dengan munculnya platform bursa crypto yang semakin beragam.

Pemerintah Indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappeti), hingga kini memiliki 13 bursa crypto yang telah resmi terdaftar seperti Indodax, Tokocrypto, Rekeningku, Zipmex, dan lainnya.

Baca juga: Kompak Merosot, Berikut Harga Bitcoin dkk Hari Ini

Pakar Digital, Anthony Leong, mengungkapkan sejatinya investasi itu adalah sebuah langkah untuk menanamkan modal ke suatu instrumen investasi dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan di kemudian hari.

Agar investor terhindar dari kerugian, ia menyarankan investor untuk memahami tingkat risiko dari masing-masing produk mata uang kripto yang ditawarkan di bursa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam berdagang kita akan menghadapi keuntungan dan kerugian. Untuk beberapa kalangan, risiko kerugian ini adalah hal yang biasa dan bisa ditoleransi, tetapi tidak sedikit yang memiliki toleransi yang rendah terhadap risiko serupa," jelas Anthony Leong kepada Kompas.com, Minggu (6/6/2021).

Menurut dia, beberapa produk kripto yang relatif cukup aman seperti jenis deposito aset digital. Ia mencontohkan, salah satu kripto jenis deposito adalah yang diedarkan di salah satu bursa kripto.

Baca juga: Aset Kripto Ini Menguat 300 Persen dalam Sehari

"Sebut saja salah satu produk deposito kripto yang populer dari Merlin Lab. Di Merlin Lab, kita bisa menemukan berbagai jenis deposito aset kripto yang memiliki APY (annual percentage yield) yang tinggi," ungkap Anthony Leong.

"Return kripto tersebut yang tertinggi adalah 637 persen. Jadi bisa kebayang ya berapa banyak return yang bisa diberikan jika kita berinvestasi di deposito aset digital kripto," kata konsultan ineternet marketing ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X