Benarkah Banyak Ayam Kampung 'Tidak Asli' Dijual di Rumah Makan?

Kompas.com - 06/06/2021, 17:36 WIB
Ilustrasi gulai ayam kampung khas Padang, masakan Minang buat Lebaran. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi gulai ayam kampung khas Padang, masakan Minang buat Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Restoran ayam kampung sangat mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia. Dengan mengusung menu ayam kampung, harga yang ditawarkannya pun relatif lebih mahal.

Selain rasanya yang dianggal lebih lezat, daging ayam kampung sendiri dipercaya lebih sehat dibandingkan dengan ayam ras broiler atau seringkali juga disebut sebagai ayam negeri.

Lalu apa benar banyak restoran ayam kampung yang mencantumkan menu ayam kampung, namun sebenarnya tidak benar-benar menyajikan daging ayam kampung?

Praktisi peternakan, Febroni Purba, mengungkapkan, di kalangan peternak ayam sendiri memang ada penggolongan ayam non-broiler. Pertama yakni ayam kampung asli dan kedua ayam hasil persilangan. 

Baca juga: Ladang Uang Ternak Ayam Kampung, Modal Kecil, Peluang Menjanjikan

Menurut dia, ayam hasil persilangan ayam kampung yang diklaim pengusaha rumah makan sebagai ayam kampung asli, biasanya berasal dari jenis ayam jowo super alias joper. Jenis ayam persilangan ini lazim disebut sebagai ayam super. 

"Pertama, pelaku usaha yang sengaja melakukan itu berarti telah melanggar hukum karena tidak memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur sebagaimana tertuang dalam Pasal 7 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999," jelas Roni, sapaan akrabnya, kepada Kompas.com, Minggu (6/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Roni bilang, selama ini banyak rumah makan, yang mengklaim menyediakan menu ayam kampung asli namun sebenarnya menghidangkan ayam persilangan.

Hal yang sama juga seringkali terjadi di pasar daging ayam. Di mana pedagang mengatakan menjual ayam kampung asli kepada pembeli, namun yang dijual adalah jenis joper.

Baca juga: Minat Budidaya Sayur Hidroponik di Rumah? Segini Modalnya

Menurut Roni, daging ayam joper pun sebenarnya memiliki tekstur yang hampir serupa dengan ayam kampung asli. Ini lantaran ayam joper juga memiliki genetik dari ayam kampung asli.

Joper sendiri merupakan persilangan dengan indukan dari ayam layer petelur atau dikenal dengan ayam merah. Ayam betina ini kemudian dikawinkan dengan ayam kampung jantan, biasanya ayam bangkok, untuk menghasilkan bibit ayam joper.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.