KILAS

Tingkatkan Kualitas SDM, Kemenaker Wajibkan BLK Komunitas Bersinergi dengan Industri

Kompas.com - 06/06/2021, 20:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Dok. Biro Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menginstruksikan kepada para pengelola Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas agar bersinergi dengan dunia industri sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, sinergi tersebut dinilai dapat mencetak lulusan BLK yang unggul dan terampil sesuai dengan kebutuhan industri sehingga lebih mudah terserap pasar kerja.

"Kami dorong BLK Komunitas untuk bergandengan tangan dengan dunia usaha (dan) dunia industri untuk mempercepat pengurangan angka pengangguran dan memperluas kesempatan kerja bagi para lulusannya," kata Ida melalui keterangan tertulis, Minggu (6/6/2021).

Adapun bentuk sinergi dan kolaborasi yang dapat dilakukan, di antaranya keterbukaan informasi pasar kerja, pengembangan kurikulum dan pengajaran, pengembangan standar kompetensi kerja dan kualifikasi nasional, dan sertifikasi kompetensi.

Baca juga: Kemnaker: Komitmen BLK Komunitas, Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia

Selain itu, terdapat program pelatihan vokasi lainnya seperti on the job training (OJT), peningkatan keterampilan wirausaha, pengembangan training center di industri, dan co-manage lembaga pelatihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ida, kerja sama antara BLK Komunitas dan industri terkait tersebut dapat menciptakan simbiosis mutualisme.

Sebab, program pelatihan vokasi tersebut dapat mengurangi biaya pelatihan atau training dan investasi sumberdaya manusia (SDM) bagi industri.

Selain itu, arah kebijakan program sinergi tersebut adalah mengubah BLK secara total menjadi Balai Pelatihan Vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Gandeng LKKNU, Kemnaker Berkomitmen Bangun Community Parenting di Desmigratif

Transformasi BLK pun menjadi salah satu lompatan besar yang dilakukan oleh Kemnaker saat ini dengan memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

Sebagai contoh, Kemnaker membangun BLK Komunitas di Simalungun sebagai dukungan penyediaan SDM pekerja pariwisata untuk memajukan pariwisata Danau Toba.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X