Simak, Ini Harga Sewa Booth Jualan di Indomaret dan Alfamart

Kompas.com - 07/06/2021, 08:36 WIB
Ilustrasi Wirausahawan Muslim Dok. Humas UIIlustrasi Wirausahawan Muslim

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka usaha di depan atau di teras minimarket bisa menjadi pilihan Anda.

Selain dari segi biaya terhitung relatif murah, membuka usaha atau booth di depan minimarket seperti di Indomaret atau Alfamart akan berpeluang besar untuk dilirik banyak orang.

Dengan banyaknya pengunjung yang berbelanja di minimarket tersebut, peluang usaha Anda dibeli pun meningkat.

Baca juga: Cara Menjadi Agen Aqua, Modal Rp 5 Juta Bisa Raup Rp 20 Juta Per Bulan

Nah berapa harga sewa booth di teras Indomaret dan di teras Alfamart?

Indomaret

Marketing Director Indomarco Prismatama (Indomaret) Wiwiek Yusuf mengatakan, untuk harga sewa bervariatif. Dimulai dari harga Rp 250.000 sampai dengan Rp 350.00 per bulan.

Namun, harga ini disesuaikan dengan lokasi toko. "Bahkan, adapula yang sampai Rp 500.000 per bulannya. Itu sudah bersih termasuk listrik," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk prosedur supaya bisa berjualan di teras Indomaret, calon pengusaha bisa menanyakan langsung ke toko Indomaret yang dirasa memang cocok.

"Lalu pastikan apakah ada alokasi untuk tempat UMKM berjualan atau yang sering kami sebut UMKM teras. Kalau ada, minta contact team development sewa ke team toko," jelasnya.

Setelah itu Anda juga harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di setiap toko Indomaret. Kemudian, menyerahkan foto copy KTP.

"Selain itu calon pengusaha yang ingin membuka di teras Indomaret tidak boleh menjual produk yang dijual di Indomaret. Calon pengusaha atau kami juga tidak menyediakan tempat makan sama sekali," ucapnya.

Baca juga: Ingin Buka Booth di Depan Indomaret? Ini Cara dan Syaratnya

Alfamart

Sementara di Alfamart, harga sewa beda tipis dengan harga sewa di Indomaret.

GM Corporate Communication Alfamart Nurahman mengatakan, bagi calon pengusaha yang ingin membuka usahanya di teras Alfamart hanya perlu membayar biaya sewa rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di wilayah Jabodetabek.

"Biaya sewa ini sesuai dengan daerah toko masing-masing rata-rata antara Rp 600.000 di luar Jabodetabek dan Rp 700.000 di Jabodetabek. Harga tersebut belum termasuk PPN 10 persen," katanya.

Dia menjelaskan, harga tersebut dibayarkan per bulan di awal periode sewa. Para penyewa juga mendapatkan berbagai fasilitas dari Alfamart.

"Ini termasuk listrik 200 watt. Sementara untuk air bisa didapat dari kamar mandi toko, untuk kebutuhan seperlunya," ungkapnya.

Sementara itu untuk cara pendaftarannya dijelaskan dia, ada 3 cara. Pertama, calon tenant bisa datang langsung ke kantor cabang, dan bertemu dengan Branch Tenant Support (BTS) untuk berdiskusi soal lokasi dan melakukan administrasi.

Cara kedua, calon tenant mendata dirinya melalui toko (etrans toko) yang setelah itu, dikemudian hari akan dihubungi oleh BTS, untuk di undang ke kantor cabang.

Baca juga: Cara dan Syarat Berjualan di Teras Alfamart

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.