Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Gudang, Bea Cukai Lelang 75 Mobil secara Online

Kompas.com - 07/06/2021, 11:06 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang sedang mencari mobil lewat jalur lelang, jangan ketinggalan lelang mobil pada pekan ini.

Sebab Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai akan cuci gudang dengan kembali melelang mobil secara online. Tak tanggung-tanggung, jumlah mobil yang akan dilelang mencapai 75 mobil.

Dalam pengumuman lelang di website lelang resmi milik pemerintah, lelang.go.id, Senin (7/6/2021), seluruh mobil yang dilelang bermerek KIA Rio.

Baca juga: Marak, Ayam Kampung Tidak Asli Beredar di Pasaran

Adapun 75 mobil tersebut merupakan barang yang tidak dikuasai negara. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 178/PMIZ.04/2019, barang yang tidak dikuasai yakni barang yang ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang melebihi jangka waktu 30 hari sejak penimbunannya atau barang yang tidak dikeluarkan dari Tempat Penimbunan Berikat (TPB) yang telah dicabut izinnya dalam jangka waktu 30 hari sejak pencabutan izin.

Lelang mobil dilakukan pada 9 Juni 2021 melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta II, PT. Layanan Lancar Lintas Logistindo, dan PT. Balal Lelang Artha. Adapun penjualnya yakni Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok.

Harga limit atau harga awal lelang Rp 112,5 juta. Sementara itu uang jaminan ikut lelang Rp 45 juta. Bagi anda yang tertarik ikut lelang, wajib menyetorkan uang jaminan paling lambat 8 Juni 2021.

Baca juga: Bantah Mangkrak, Menhub Paparkan Progres Pembangunan Pelabuhan Patimban

Uang jaminan disetorkan melalui nomor virtual account saat mendaftar lelang di lelang.go.id. Uang tersebut akan dikembalikan jika peserta gagal memenangkan lelang.

Perlu dicatat, mobil dilelang dalam kondisi apa adanya. Oleh karena itu penting bagi peserta lelang datang ke Open House untuk melihat langsung kondisi mobil pada 7-8 Juli 2021 pukul 09.00-15.00 WIB.

Adapun tempat Open House berada di PT. Layanan Lancar Lintas Logistindo, JL. Semarang, Blok A6 Nomor 3, KBN Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Daftar mobil dan link pendaftaran lelang bisa klik di sini.

Lihat pengumuman lelang klik di sini.

Sementara itu keterangan lelang sebagai berikut:

  • Ojek lelang dijual apa adanya
  • Nominal jaminan yang disetorkan ke Rekening VA (virtual account) harus sama dengan nominal jaminan yang disyaratkan.
  • Jaminan harus sudah efektif diterima oleh KPKNL selambat-lambatnya 1 (satu) hari kalender sebelum pelaksanaan lelang.
  • Segala biaya yang timbul sebagai akibat mekanisme perbankan menjadi beban peserta lelang.
  • Bea Lelang Pembeli 3 persen dari harga lelang.

Baca juga: Ini Beberapa Negara yang Jadi Surga bagi Bitcoin dkk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com