2.757 Pekerja Chevron di Blok Rokan Bakal Jadi Pegawai Pertamina

Kompas.com - 07/06/2021, 14:22 WIB
PT Pertamina Gas (Pertagas), selaku afiliasi dari sub-holding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), telah melaksanakan kegiatan first welding (pengelasan perdana) pembangunan jaringan pipa minyak menuju Blok Rokan di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (9/9/2020) Dok. Humas PGNPT Pertamina Gas (Pertagas), selaku afiliasi dari sub-holding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), telah melaksanakan kegiatan first welding (pengelasan perdana) pembangunan jaringan pipa minyak menuju Blok Rokan di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (9/9/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.757 pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Blok Rokan, Riau bakal menjadi pekerja di Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Seperti diketahui, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu akan mengambil alih Blok Rokan dari Chevron pada 9 Agustus 2021.

"Selamat datang kepada 2.757 pekerja Chevron Pacific Indonesia, calon pekerja Pertamina Grup," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangan resminya, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Blok Rokan Akan Beralih dari Chevron ke Pertamina, Bagaimana Nasib Pekerja?

Menurut dia, alih kelola Blok Rokan ke Pertamina sebagai perusahaan nasional akan memberi manfaat yang lebih luas lagi bagi negara, baik dari sisi pengelolaan maupun penerimaan negara.

Selain itu, akan memperkuat posisi Pertamina sebagai salah satu lokomotif pembangunan dan perekonomian nasional.

"Kita juga memiliki amanah dan tugas mulia, di mana kita memiliki target untuk dapat memproduksi migas 1 juta barel pada tahun 2030, untuk itu dibutuhkan komitmen dan dedikasi dari seluruh elemen pekerja khususnya Subholding Upstream untuk dapat mewujudkan cita-cita ini," papar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi, Budiman Parhusip menjelaskan, nantinya Blok Rokan akan dikelola oleh PHR di bawah naungan Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream.

Saat ini, PHR mengelola Wilayah Kerja dan Asset Hulu yang ada di Wilayah Sumatera yang dikenal dengan Regional 1-Sumatera Subholding Upstream.

Baca juga: Chevron Tekan Pencurian Minyak di Blok Rokan Pakai Drone Buatan Lokal

Menurutnya, dengan sistem regionalisasi ini, antara wilayah kerja dan aset yang saling berdekatan, khususnya Sumatera, dalam hal ini dapat dilakukan optimalisasi lapangan dan efektifitas pengembangan operasi.

"Sehingga dengan bergabungnya pekerja Chevron juga akan lebih membuka kesempatan pengembangan karir," jelas Budiman.

Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin menambahkan, PHR sebagai Regional 1-Sumatera di Subholding Upstream Pertamina, tidak hanya akan mengelola Blok Rokan namun tetapi juga mengelola seluruh blok atau wilayah kerja Pertamina di Sumatera.

Ia menjelaskan, fokus perseroan adalah mendorong pertumbuhan secara signifikan dan keberlanjutan (sustainable) dengan fokus pada semua potensi yang masih bisa dikembangkan.

Selain itu, business continuity untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi serta safety dan reliability tetap menjadi yang utama dalam melaksanakan pekerjaan.

Baca juga: Terapkan Digitalisasi, Operasi Chevron Hemat Rp 1,4 Triliun di 2020

"Pertamina melalui PHR juga akan memastikan transfer operatorship berjalan lancar sehingga kita bisa menyelesaikan program di tahun 2021 dan tumbuh signifikan pada tahun-tahun berikutnya," kata Jaffee.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.