Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICT Institute: Teknologi 5G Dorong Pertumbuhan Smart City

Kompas.com - 07/06/2021, 19:01 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, dengan hadirnya teknologi 5G bisa mendorong hadirnya lebih banyak Smart City di Indonesia.

Dia menilai kehadiran 5G juga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan ekonomi digital guna menyejahterakan masyarakat di Indonesia.

"5G ini juga mendorong tumbuhnya Smart City. Jadi, kalau sekarang ini kita bicara tentang ibu kota negara baru misalnya itu otomatis 5G ini tidak bisa dilupakan untuk segera diadopsi di sana," ujar Heru dalam diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang digelar oleh Kominfo secara virtual, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Bos Telkom Optimis Dirut Baru Telkomsel Bisa Sukseskan Implementasi 5G di RI

Selain itu, dia mengatakan, kota-kota yang ada di Indonesia harus memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk perkembangan ekonomi.

Untuk itu, Heru berharap agar pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bisa segera mempersiapkan dan mengembangkan ekosistem secara menyeluruh.

"Jika sekadar hanya akses internet, mungkin perkembangannya akan lambat. Tapi dia juga bisa mendorong perkembangan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi masyarakat maka akan lebih cepat perkembangannya," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com