ICT Institute: Teknologi 5G Dorong Pertumbuhan Smart City

Kompas.com - 07/06/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi jaringan 5G Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi jaringan 5G

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, dengan hadirnya teknologi 5G bisa mendorong hadirnya lebih banyak Smart City di Indonesia.

Dia menilai kehadiran 5G juga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan ekonomi digital guna menyejahterakan masyarakat di Indonesia.

"5G ini juga mendorong tumbuhnya Smart City. Jadi, kalau sekarang ini kita bicara tentang ibu kota negara baru misalnya itu otomatis 5G ini tidak bisa dilupakan untuk segera diadopsi di sana," ujar Heru dalam diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang digelar oleh Kominfo secara virtual, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Bos Telkom Optimis Dirut Baru Telkomsel Bisa Sukseskan Implementasi 5G di RI

Selain itu, dia mengatakan, kota-kota yang ada di Indonesia harus memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk perkembangan ekonomi.

Untuk itu, Heru berharap agar pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bisa segera mempersiapkan dan mengembangkan ekosistem secara menyeluruh.

"Jika sekadar hanya akses internet, mungkin perkembangannya akan lambat. Tapi dia juga bisa mendorong perkembangan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi masyarakat maka akan lebih cepat perkembangannya," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X