Sandiaga Uno Siap Bantu Promosikan Garuda Indonesia Sebagai 'Flag Carrier' Tanah Air

Kompas.com - 07/06/2021, 19:33 WIB
Desain masker pada badan pesawat Garuda Indonesia Garuda IndonesiaDesain masker pada badan pesawat Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap membantu maskapai Garuda Indonesia untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada sektor penerbangan.

“Isu Garuda Indonesia yang fokus kepada pasar domestik daripada internasional, ini adalah bagian dari realita kemenparekraf mendukung, sebagai flag carier di tanah air dengan melakukan reposisi dan transformasi untuk fokus pada wisatawan nusantara yang menjadi andalan kita,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (7/6/2021).

Sandiaga mengungkapkan, sama halnya dengan Garuda Indonesia yang fokus ke pasar domestik, saat ini, Kemenparekraf juga fokus mendorong pergerakan wisatawan nusantara untuk menggerakan perekonomian di tengah pandemi.

Baca juga: Krisis Keuangan, Garuda Indonesia Kembalikan 2 Pesawat ke Lessor

Sandiaga menyebut, konektivitas menjadi satu elemen dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun di sisi lain, Indonesia saat ini belum bisa mengandalkan kedatangan wisatawan mancanegara hingga tahun 2024 mendatang.

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, kita belum bisa mengandalkan kedatangan wisatawan mancanegara hingga 2024 mendatang. Tapi Kemenparekraf, tentunya tetap akan berkoordinasi dengan Garuda untuk memantau situasi pandemic karena Garuda merupakan sebagai flag carrier di Tanah Air,” jelas dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun sejumlah program terobosan pemasaran yang telah direncanakan oleh Kemenparekraf sebagai strategi promosi pada 2021, untuk meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara, hingga menguatkan citra dan kepercayaan wisatawan mancanegara pada destinasi pariwisata Indonesia.

Kampanye tersebut, antara lain program pemasaran melalui hashtag #IndonesiaCare, #DiIndonesiaAja, dan #BeliKreatifLokal. Ada juga publikasi melalui website, media sosial, maupun paid media.

Baca juga: Disebut Jadi Biang Kerok Krisis Garuda Indonesia, Apa Itu Lessor?

Promosi melalui event juga tidak kalah penting seperti, penyelenggaran Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) sebagai perwakilan Kemenparekraf mempromosikan parwisata Indonesia, Pameran Pariwisata ATM Dubai 2021.

Lainnya adalah melalui Pameran London Design Binalle (LDB), World Expo Dubai 2020 pada 1 Oktober 2021, serta Peluncuran Spice Up of The World di World Expo Dubai 2020 untuk memperkenalkan bumbu Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X