Para Pemegang Saham KB Bukopin Berdamai, Ini Respons OJK

Kompas.com - 08/06/2021, 06:10 WIB
KB Bukopin. Dok. KB BukopinKB Bukopin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemegang saham pengendali PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP), KB Kookmin Bank, bersama dengan Bosowa Corporindo telah menandatangani kesepakatan mendukung percepatan pertumbuhan Bank KB Bukopin.

Kedua pemegang saham terbesar KB Bukopin itu sepakat saling mencabut tuntutan hukum.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun angkat bicara perihal berdamainya para pemenang saham KB Bukopin. Lantaran Bosowa sempat menuntut OJK secara hukum dan minta regulator membatalkan keputusan terkait penilaian tidak lulus untuk Bosowa sebagai pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

Baca juga: Berdamai soal KB Bukopin, Kookmin Bank dan Bosowa Saling Cabut Gugatan

"Saya belum dapat update, jika secara proses hukum dimungkinkan, ini lebih baik sehingga menjadi lebih kondusif untuk berbagai pihak," ujar Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo kepada Kontan.co.id, Senin (7/6/2021).

Kedua pemegang saham terbesar KB Bukopin ini sepakat saling mencabut tuntutan hukum. Kedua pemegang saham tersebut menandatangani kesepakatan yang disampaikan melalui joint statement antara KB Kookmin Bank dengan Bosowa Corporindo.

Isinya, pertama, Bosowa dan KB Kookmin menyatakan telah menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi di masa lalu serta sepakat mengembangkan hubungan yang berorientasi pada kerjasama di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, Bosowa dan KB Kookmin sepakat mengutamakan proses normalisasi Bank KB Bukopin sebagai prioritas utama. Karenanya, sebagai langkah awal, kedua belah pihak setuju melakukan pencabutan segala tuntutan hukum serta sepakat untuk tidak akan melakukan tuntutan hukum dalam bentuk apapun di kemudian hari yang dapat mengganggu proses normalisasi Bank KB Bukopin.

Ketiga, KB Kookmin berkomitmen melakukan yang terbaik demi memulihkan kepercayaan nasabah serta meningkatkan nilai perusahaan Bank KB Bukopin. Bosowa berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap tata kelola KB Bukopin dan peningkatan hubungan eksternal.

Keempat, KB Kookmin memberikan pengakuan dan rasa hormat kepada Bosowa sebagai mitra bisnis sekaligus pemegang saham terbesar kedua Bank KB Bukopin. Bosowa memberikan pengakuan terhadap KB sebagai pemegang saham utama sekaligus pemegang saham pengendali KB Bukopin.

Baca juga: Pendapatan Bunga Turun, Bank KB Bukopin Merugi Rp 167,1 Miliar Pada Maret 2021

Kelima, KB Kookmin dan Bosowa sepakat meningkatkan kerjasama aktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait pengembangan bank KB Bukopin, misalnya penambahan modal, deposito, NPL, dll, melalui sinergi antar kedua belah pihak.

Keenam, KB Kookmin dan Bosowa sepakat untuk bersama-sama memperkuat komunikasi dan kerja sama yang erat dengan OJK dalam usaha pelaksanaan rencana normalisasi Bank KB Bukopin.

Hingga 30 Mei 2021, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank 67 persen. Adapun Bosowa Corporindo 9,7 persen, Negara Republik Indonesia 3,18 persen, dan masyarakat mencapai 20,12 persen. (Maizal Walfajri)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pemegang saham KB Bukopin berdamai, begini respons OJK

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.