Pembebasan Lahan Tol Japek II Selatan Capai 51,51 Persen

Kompas.com - 08/06/2021, 14:15 WIB
Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Kementerian PUPRPembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Japek Selatan mengungkapkan progres pembebasan lahan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mencapai 51,51 persen.

Adapun khusus untuk seksi 3 (Taman Mekar-Sadang), pembebasan lahannya telah mencapai 86,82 persen. Sedangkan progres konstruksinya mencapai 46,74 persen.

Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan Bambang Sulistyo mengatakan, dalam membangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dari Sadang hingga Setu, proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

"Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 62 km yang terdiri atas tiga seksi, yaitu: Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 Km, masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor," jelas dia, Selasa (8/6/2021).

Sedangkan Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 km, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bekasi. Sementara Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 Km, masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Masyarakat Awasi Belanja Daerah

Lebih lanjut kata dia, jika sudah beroperasi penuh nanti, maka Jalan Tol Japek II Selatan dengan investasi Rp 14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, PT JJS mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan.

JJS juga terus berkoordinasi dengan PPK Pengadaan Tanah guna memperlancar pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK) kepada masyarakat atau pihak-pihak terdampak pembangunan jalan tol ini terus melakukan proses administrasi hingga proses musyawarah.

"Seksi 3 ini menjadi harapan besar. Kami targetkan di tahun 2021 ini bisa rampung dari Sadang sampai Taman Mekar sepanjang 27,85 Km. Tentu saja dengan catatan, pendanaan juga didukung penuh oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini," pungkasnya.

Baca juga: Teten Masduki: UMKM Jangan Lagi Jadi Ekonomi Marginal...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.