Barata Indonesia Pasok Komponen Turbin PLTU Jawa 9 dan 10

Kompas.com - 08/06/2021, 20:20 WIB
LPIC outer casing, salah satu komponen pembangkit listrik yang diproduksi PT Barata Indonesia. Dok. Barata IndonesiaLPIC outer casing, salah satu komponen pembangkit listrik yang diproduksi PT Barata Indonesia.

GRESIK, KOMPAS.com - PT Barata Indonesia (Persero) mendapat kontrak baru untuk memasok komponen turbin proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 di Cilegon.

Dalam proyek tersebut, Barata Indonesia dipercaya untuk memasok komponen utama turbin uap berkapasitas total 2x1.000 MW (megawatt), dengan nominal kontrak mencapai Rp 187 miliar.

Direktur operasi Barata Indonesia Bobby Sumardiat Atmosudirjo mengatakan, Barata Indonesia berhasil mengambil peran di sejumlah proyek strategis dan memasok berbagai komponen kelistrikan baik dalam negeri hingga mancanegara, lantaran memiliki kapasitas konstruksi dan manufaktur yang memadai.

Baca juga: Ini Daftar 12 Proyek PLTU Mangkrak yang Dihentikan

"Kami senang dapat terus mengambil peran dalam proyek strategis nasional, dengan memasok komponen utama turbin yang kualitasnya sudah diakui hingga lima benua,” ujar Bobby melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Bobby menjelaskan, proyek pembangkit listrik ini merupakan pembuktian terhadap komitmen Barata Indonesia, dalam menyediakan solusi terintegrasi bagi industri energi yang berdaya saing.

Untuk proyek PLTU Jawa 9 dan 10, Barata Indonesia akan memasok komponen utama turbin uap. Yakni, berupa empat unit low pressure outer casing dan 2x4 modul condenser.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pabrik komponen turbin Barata Indonesia juga terlibat dalam proyek strategis nasional Refinery Development Master Project (RDMP) Balikpapan milik Pertamina. Untuk proyek ini, Barata Indonesia memasok enam pressure vessel dan lima unit condenser turbin uap.

Baca juga: Abu Batu Bara PLTU Bukan Lagi Limbah Berbahaya, Pemerintah: Tidak Serta Merta Isu Lingkungan Diabaikan

Menurut catatan kinerja semester I/2021 yang dirilis pihak perusahaan, pabrik komponen turbin Barata Indonesia juga telah mengantongi kontrak ekspor ke sejumlah pembangkit listrik, di antaranya SK Hynix Cheongju dan Icheon (Korea Selatan), Zhoushan GT 10-30 (China), BQPS III Unit 20 (Pakistan), Unique Meghnagat (Bangladesh) dan beberapa lainnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.