LRT Jabodebek Bakal Beroperasi 2022, Apa Kabar Progres Pembangunannya?

Kompas.com - 09/06/2021, 07:44 WIB
LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022. Dok. Humas KemenhubLRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, pembangunan LRT Jabodebek sudah hampir rampung atau mencapai 84,6 persen. Targetnya kereta api ringan ini dapat beroperasi pada 2022.

Hal tersebut berdasarkan tinjauan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke lokasi LRT Jabodebek dengan menjajal langsung LRT dari Stasiun TMII menuju Stasiun Harjamukti, Cibubur dan sebaliknya, pada Selasa (8/6/2021).

Ia mengatakan, proses pembangunan dan persiapan pengoperasian terus dilakukan. Ia bilang, persiapan untuk melakukan uji dinamis pada LRT sangat diperlukan karena aspek keselamatan menjadi penting bagi angkutan massal di Indonesia.

“Harapannya LRT ini bisa dioperasikan tahun depan. Sebagian sarana dan prasarana sudah selesai. Kami ingin mempersiapkannya dengan waktu yang cukup untuk melakukan uji dinamis," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung proyek pembangunan LRT Jabodebek, Selasa (8/6/2021) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung proyek pembangunan LRT Jabodebek, Selasa (8/6/2021)

Baca juga: Wamen BUMN: Penyakit Masa Lalu Garuda Indonesia, Sewa Banyak Pesawat dan Mahal

Dia menjelaskan, pembangunan LRT Jabodebek adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah lalu lintas wilayah perkotaan, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tidak hanya itu, pembangunan LRT ini juga memberi kesempatan bagi anak bangsa untuk mempelajari teknologi angkutan massal kereta api,” imbuh dia.

Adapun pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 terdiri dari beberapa lintasan. Secara rinci, yakni pada lintas pelayanan rute Cawang-Cibubur sepanjang 14,8 kilometer saat ini pembangunannya mencapai 93,8 persen.

Baca juga: Ada Penurunan, Segini Insentif yang Diterima Driver Gojek

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.