[TREN WORKLIFE KOMPASIANA] Shadow Partner dalam Dunia Kerja | Rasa Bersalah jika Izin Sakit | Terjebak Konflik para Atasan

Kompas.com - 09/06/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi rekan kerja. ShutterstockIlustrasi rekan kerja.

KOMPASIANA---Sebelum memutuskan untuk merencanakan cuti panjang seperti cuti hamil ada baiknya dipersiapkan secara matang.

Selain tujuan cuti itu sendiri, persiapan lainnya adalah mencari pengganti sementara. Istilah ini bernama shadow partner.

Shadow partner dalam dunia kerja merujuk kepada seseorang yang akan mengambil alih semua pekerjaan kita selama masa cuti.

Kemudian, setelah menemukan rekan kerja yang bersedia sebagai shadow partner, langkah selanjutnya adalah mengalih pekerjaan secara bertahap agar ke depannya shadow partner ini tahu apa yang harus dilakukan.

Karenanya, memiliki relasi yang baik terhadap sesama rekan kerja adalah hal yang harus dijaga.

Pasalnya rekan kerja kita tidak saja sebatas membantu pekerjaan secara kolektif, tetapi juga bisa menggantikan kita melakukan semua pekerjaan harian kita apabila sewaktu-waktu berhalangan hadir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengenai shadow partner dalam dunia kerja, ada juga pembahasan terkait rasa bersalah saat izin sakit hingga terjebak di antara konflik para atasan.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana seputar dunia kerja:

Nah, dalam kondisi demikian kita

1. Antara Karyawan Cerdas, Izin Cuti Tenang, dan Shadow Partner dalam Dunia Kerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.