Kompas.com - 09/06/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi saham. Apa yang dimaksud dengan IHSG dan apa kegunaan IHSG? Kepanjangan IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan. PEXELS/BURAK KIlustrasi saham. Apa yang dimaksud dengan IHSG dan apa kegunaan IHSG? Kepanjangan IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan.

JAKARTA, KOMPAS.com - IHSG adalah satu satu acuan utama dalam mengambil keputusan bagi para investor saham dan reksadana, tepatnya jadi acuan bagi mereka kapan harus menjual atau sebaliknya membeli instrumen efek di pasar modal. Lalu apa yang dimaksud dengan IHSG dan apa kegunaan dari IHSG?

Kepanjangan IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan. Arti IHSG sebagaimana dikutip dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala.

IHSG biasanya digunakan sebagai gambaran untuk melihat kenaikan atau penurunan pasar investasi secara global, dalam hal ini tentu saja pasar saham di Indonesia.

Sebenarnya, IHSG hanya salah satu indeks saham yang ada di BEI. Beberapa indeks lain yang jadi parameter investor saham yakni Indeks LQ45 dan Kompas100.

Baca juga: Apa Itu Right Issue Saham? Kenali Untung Ruginya Bagi Investor

Arti IHSG yakni sebagai alat untuk mengukur sentimen pasar atau kepercayaan investor. Perubahan nilai yang tercermin dalam satu indeks dapat dijadikan indikator yang merefleksikan opini kolektif dari seluruh pelaku pasar.

Nama lain dari IHSG adalah Indonesia Composite Index (ICI), dan kini lebih sering disebut dengan IDX Composite.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun IHSG sendiri diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983, sebagai indikator pergerakan harga saham di BEI yang saat itu masih bernama Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Dalam klasifikasi indeks-indeks yang ada di BEI, IHSG tergolong sebagai indeks headline pada sub klasifikasi komposit (composite). IHSG satu-satunya indeks yang masuk pada sub klasifikasi itu.

Baca juga: Apa Itu Saham: Definisi, Jenis, Keuntungan, Risiko, dan Cara Membeli

Indeks headline sendiri adalah indeks yang dijadikan acuan utama untuk menggambarkan kinerja pasar modal. Selain sub klasifikasi komposit, dalam klasifikasi headline terdapat pula sub klasifikasi lainnya yakni papan (board), liquidity, dan liquidity co-branding.

Apa kegunaan dari IHSG antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X