Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Konsumen Terus Menguat, ini Buktinya...

Kompas.com - 09/06/2021, 15:18 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melalui Survei Konsumen Bank Indonesia menilai keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi melanjutkan tren perbaikan pada bulan Mei 2021.

Survei Konsumen BI menyebutkan, IKK Mei 2021 sebesar 104,4, meningkat dibandingkan 101,5 pada April 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

Baca juga: Indeks Kepercayaan Konsumen Bulan April Kembali ke Level Optimistis

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik pada 6 kota yang disurvei, tertinggi di kota Medan, diikuti oleh Surabaya dan Manado," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Kendati demikian, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau masih berada di zona pesimistis meski terus membaik, dimana pada Mei 2021 indeks kondisi ekonomi (IKE) tercatat sebesar 86,8 dari sebelumnya 80,3.

Meningkatnya IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama indeks ketersediaan lapangan kerja yang naik 9,4 poin menjadi 77,4.

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terpantau relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.

Baca juga: Agar Tidak Rugi Saat Berbelanja, Pahami Dulu Hak dan Kewajiban Konsumen

"Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja meningkat, sementara ekspektasi terhadap kegiatan usaha dan penghasilan cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan level pada bulan sebelumnya," ucap Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com