Kolaborasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds Untung Miliaran Rupiah

Kompas.com - 09/06/2021, 16:25 WIB
ilustrasi BTS Meal dengan saus cajun dan saus sweet chilli. SHUTTERSTOCK/Najmi Arifilustrasi BTS Meal dengan saus cajun dan saus sweet chilli.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald's bekerja sama dengan boygroup kenamaan asal Korea Selatan, BTS.

Kolaborasi tersebut berupa menu BTS Meal yang telah diluncurkan di Amerika Serikat pada tanggal 26 Mei 2021 lalu. Di Indonesia, BTS Meal pun telah diluncurkan pada hari ini, Rabu (9/6/2021).

Paket makanan BTS Meal di Indonesia hanya bisa dibeli melalui layanan Drive Thru, GoFood, serta GrabFood.

Dilansir dari Forbes, strategi McDonald's melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi bakal menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Baca juga: Ini Cara Mudah Dapatkan BTS Meal di McD

Hal tersebut tercermin dari kolaborasi McDonald's dengan beberapa publik figur kenamaan yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

Sebelumnya, McDonald's tela melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada bulan September lalu. Produk hasil kolaborasi yang berisi minuman Sprite ukuran medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, menu BTS Meal berisi paket makanan yang ditawarkan berupa nuggets ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis dan saus Cajun khas Korea Selatan.

Dari penjualan menu hasil kolaborasi tersebut, Scott mendapatkan bayaran endorsement sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 71,25 miliar (kurs Rp 14.250).

Di sisi lain, ia juga mendapatkan bayaran sebesar 15 juta dollar AS dari hasil penjualan merchandise berupa t-shirt hingga bantal berbentuk McNugget.

Baca juga: Incar Milenial, McD Sediakan Menu Baru di Bawah Rp 20.000

Dari hasil penjualan paket makanan kolaborasi tersebut, McDonald's mampu menutupi penurunan kinerja perusahaan yang mencapai sebesar 4 persen dan 24 persen pada dua kuartal pertama tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.