Audit Laporan Keuangan Sempat Terlambat, Dirut Asabri: Sangat Memalukan untuk BUMN

Kompas.com - 09/06/2021, 16:56 WIB
Logo PT ASABRI (Persero) asabri.co.idLogo PT ASABRI (Persero)

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero) Wahyu Suparyono melaporkan, proses audit laporan keuangan perseroan pada 2020 telah rampung, dan mendapatkan opini wajar dengan pengecualian.

Menurutnya, hasil laporan tersebut lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Di mana, selain mendapatkan opini wajar dengan pengecualian, laporan tersebut juga sangat terlambat penyelesaiannya.

"Harus kami akui tahun 2019 sangat terlambat dan sangat memalukan untuk sebuah BUMN," katanya dalam gelaran Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: BPK: Kerugian Negara Akibat Kasus Korupsi Asabri Capai Rp 22,78 Triliun

Lebih lanjut Wahyu menyebutkan, setiap tahunnya hasil audit laporan keuangan Asabri terus mengalami perbaikan, mengingat pada 2018 perseroan mendapatkan opini disclaimer pada laporan keuangan tahun tersebut.

Adapun hasil laporan keuangan 2020 menunjukan, Asabri mengalami kerugian sebesar Rp 4,8 triliun, dengan posisi ekutias atau modal negatif senilai Rp 13,3 triliun.

"Kami menginformasikan bahwa sampai dengan tahun 2020 Asabri mengelola aset Rp 31,07 triliun," ujar Wahyu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan realisasi tersebut, dari 2018 sampai dengan 2020, Asabri membukukan kerugian komprehensif sebesar Rp 11,76 triliun, dimana pada 2018 mengalami rugi Rp 2,2 triliun dan 2019 rugi sebesar Rp 4,7 triliun.

Baca juga: 17 Bus Barang Bukti Kasus Asabri Dilelang secara Online

"Jadi ini kondisi keuangan sampai dengan tahun 2020 dan sudah audited," ucap Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.