Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTS Meal, Bisnis McD yang Memanfaatkan Strategi Kebudayaan Korea

Kompas.com - 10/06/2021, 10:01 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Strategi restoran cepat saji McDonald's atau McD untuk meningkatkan bisnisnya dengan menggandeng budaya Korea terbukti sukses.

Teranyar, dengan menggandeng BTS, McD mendorong produk BTS Meal laris dibeli oleh Army, fans BTS di Indonesia.

Dilansir dari Forbes, strategi penjualan paket makanan hasil kolaborasi dengan BTS diproyeksi bakal melampaui hasil penjualan paket makanan kolaborasi sebelumnya. Sebab, popularitas BTS saat ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan kedua figur publik sebelumnya.

Baca juga: Kemasan Bekas BTS Meal Dijual Dengan Harga Fantastis, Kantong Kertas Dibanderol Rp 1,5 Juta

BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar, terlihat dari jumlah pengikut mereka di Twitter yang mencapai 34,5 juta. BTS sendiri merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal di dunia.

“Ini merupakan kampanye global yang diikuti oleh 50 negara, termasuk Indonesia,” kata Associate Director of Communications McD Sutji Lantyka kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengungkapkan, langkah inovasi dari restoran di masa pendemi Covid-19 saat ini memang diperlukan untuk penetrasi pasar di tengah pandemi Covid-19 yang membuat daya beli lesu.

“Ini kan bagian dari langkah inovasi yang, artinya di tengah penurunan daya beli dan persaingan yang ketat, harus ada langkat inovatif. Apalagi, dari sisi entertain, drama Korea atau music Korea digandrungi anak muda dan milenial, ini menjadi daya tarik,” ungkap Enny.

Menurut dia, langkah inovatif ini tentunya menjadi daya tarik pembeli. Namun, tentunya perlu disesuaikan dengan target pasarnya. Misalkan McD yang memiliki target pasar lebih ke anak muda.

Baca juga: Bukan Cuma BTS Meal, Produk BTS x McDonald's Merch Juga Bisa Dibeli

“Kalau ditanya seberapa efektif inovasi seperti ini, bisa dilihat nanti dari dampaknya, tapi itu lebih ke upaya untuk menggaet konsumen dan juga menambah penetrasi pasar sebagai bagian dari promosi market, tapi tetap harus disesuaikan dengan target pasarnya,” tegas dia.

Selain menggandeng artis Korea, beberapa makanan di McD juga mengusung tema Korea. Pada tahun 2019, McD meluncurkan menu Topokki Chicken, ayam berlumur saus Toppoki khas Korea. McD juga meluncurkan Black Toppoki, burger hitam yang dilumuri saus Toppoki.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com