Resmi, El Salvador Jadi Negara Pertama yang Gunakan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran

Kompas.com - 10/06/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi bitcoin. PIXABAY/MICHAELWUENSCHIlustrasi bitcoin.

SAN SALVADOR, KOMPAS.com - El Salvador resmi menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sah, setelah Kongres menyetujui proposal Presiden Nayib Bukele.

Dilansir dari CNBC, Kamis (10/6/2021), proposal tersebut mendapatkan persetujuan sebagian besar kongres, dengan perolehan 62 dari 84 suara yang mendukung untuk menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran selain dollar AS.

"Undang-undang bitcoin telah disetujui oleh sebagian besar Kongres El Salvador," kata Bukele dalam cuitan Twitter-nya, dikutip Kamis.

Baca juga: Negara Ini Bakal Jadi yang Pertama Gunakan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran Sah

Mengacu kepada rancangan undang-undang yang disampaikan oleh Bukele, aturan tersebut mengatur bitcoin sebagai alat pembayaran saha yang tidak dibatasi penggunaanya, tidak terbatas dalam transaksi apa pun, dan diterima oleh badan pemerintahan atau perusahaan swasta.

Pengumuman tersebut pun langsung mendongkrak harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu, dilansir dari Coindesk, harga bitcoin pada sesi perdagangan Kamis pukul 10.55 WIB menguat 12,31 persen, ke level 37.049 dollar AS atau setara Rp 529,8 juta (asumsi kurs Rp 14.300).

Keputusan untuk mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sah menimbulkan adanya kekhawatiran, sebab aset kripto memiliki kecenderungan fluktuatif harga yang sangat tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah El Salvador masih belum menjelaskan secara gamblang bagaimana penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran sah.

Namun demikian, dalam undang-undang itu menyebutkan, pemerintah akan mempromosikan pelatihan dan mekanisme yang diperlukanm agar masyarakat dapat mengakses transaksi menggunakan bitcoin.

Sebagai informasi, Bukele memutuskan untuk mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran untuk meningkatkan tingkat inklusi keuangan negara yang berada di kawasan Amerika Latin itu.

Hampir sekitar 70 persen masyarakat El Salvador tidak memiliki akses ke jasa keuangan tradisional.

Baca juga: Harga Bitcoin dkk Mulai Bangkit, Simak Rinciannya Berikut

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.