Kompas.com - 10/06/2021, 13:16 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta vaksinasi Covid-19 diperbanyak. Ia ingin penyuntikan vaksin Covid-19 di Indonesia bisa digenjot menjadi 1 juta per hari.

Adapun menurut Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu, saat ini vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 600.000 suntikan per hari.

"Tadi berbicara dengan Pak Budi Sadikin, Menteri Kesehatan, kita mau kalau boleh 750.000 per hari kita suntik dan menjadi sampai 1 juta (per hari) pada bulan depan," ujar Luhut dalam webinar Kementerian Perhubungan, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Koordinator Kerja Sama, Panggilan Resmi Pemerintah China untuk Luhut

Untuk mencapai target 1 juta vaksinasi tersebut, kata dia, tentu tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak saja. Tetapi diperlukan kekompakan seluruh pihak, terutama kementerian dan lembaga dalam penanganan pandemi ini.

"Kita harus semua kompak, dan sekarang Covid-19 ini masalahnya adalah masalah kemanusiaan. Jadi jangan ada yang bermain-main dengan peristiwa seperti ini," tambahnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per 8 Juni 2021 pemerintah mencatat sudah ada 18.934.997 orang yang disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Sementara sudah sebanyak 11.455.920 orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui vaksinasi Covid-19 diberikan dua dosis dan penyuntikannya dilakukan sebanyak dua kali. Adapun masyarakat yang sudah divaksinasi yakni dari kalangan tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia.

Baca juga: Kunjungan ke China, Ini Oleh-oleh Luhut untuk Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.