[TREN TEKNOLOGI KOMPASIANA] Kebocoran Data Pribadi Bukan Hoaks | Air Koryo, Maskapai Korut yang Dilabeli Terburuk di Dunia

Kompas.com - 10/06/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.

KOMPASIANA---Seperti media sosial lainnya, WhatsApp memiliki potensi untuk diretas, dan tidak mungkin dapat disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Untuk mencegah pengambilan alih akun WhatsApp beserta data-data pribadi kita pada WhatsApp, sebenarnya aplikasi ini telah menyediakan fitur untuk keamanan.

Pengguna dapat mengaktifkan verifikasi dua langkah dan memasukkan email untuk verifikasi.

Selanjutnya adalah menjaga kerahasiaan kode One Time Password (OTP). Ini merupakan kode yang terdiri dari 6 digit angka, yang akan dikirim oleh provider suatu layanan kepada pemilik akun, termasuk WhatsApp.

Kode ini sangat penting dijaga kerahasiaannya. Sebab penipuan dengan berbagai macam kedok untuk mendapatkan kode ini juga kian marak.

Selain pentingnya mermbuat dan menjaga keamanan akun serta data WhatsApp, ada juga pembahasan mengenai efektivitas pemilihan sampah di Indonesia serta tentang Air Koryo, maskapai Korea Utara yang dilabeli terburuk di dunia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut konten-konten menarik dan populer kanal Teknologi di Kompasiana:

1. Kebocoran Data Pribadi Itu Bukan Hoaks, tapi Nyata bagi Saya

Kebocoran data itu nyata adanya. Begitu pengalaman yang dialami Kompasianer Ina Tanaya.

Berdasarkan ceritanya, WhatsApp miliknya sudah berganti kepemilikan. Padahal, dia sudah menggunakan sejumlah fitur keamanan yang disediakan WhatsApp. Akan tetapi, rupanya fitur tersebut masih saja dapat diretas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X