Kemenaker Bakal Fasilitasi Pelatihan untuk Terapis Spa, Youtuber Konten, dan Kuliner

Kompas.com - 11/06/2021, 07:47 WIB
Menaker Ida dalam Workshop Pengembangan Pedoman ASEAN tentang ?Konseling dan Pengujian HIV di Tempat Kerja? dan lokakarya ?Pencegahan dan Pengendalian HIV-AIDS di Tempat Kerja Selama Masa Pandemi Covid-19? di Jakarta, Rabu (9/6/2021). Dok. Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker)Menaker Ida dalam Workshop Pengembangan Pedoman ASEAN tentang ?Konseling dan Pengujian HIV di Tempat Kerja? dan lokakarya ?Pencegahan dan Pengendalian HIV-AIDS di Tempat Kerja Selama Masa Pandemi Covid-19? di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fuziyah berencana terus mengembangkan pelatihan untuk meningkatkan SDM berdaya saing melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

Adapun fokus pengembangan untuk potensi lain, yakni kuliner, pembuatan konten film, youtuber, barista, dan animasi.

“Berbagai jenis kejuruan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan potensi daerah masing-masing, di antaranya adalah spa therapist, kuliner, pembuatan konten film dan Youtuber, barista, animasi, dan sebagainya,” kata Ida melalui siaran pers, Kamis (11/6/2021).

Baca juga: Dekatkan Masyarakat dengan Sarana Pelatihan, Kemenaker Andalkan BLK Komunitas

Ida mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk membuka berbagai jenis kejuruan pelatihan vokasi yang menarik untuk mempersiapkan SDM.

Misalkan saja sebagai upaya mendukung pariwisata, melalui kejuruan terapis spa tradisional.

“Kejuruan spa alias traditional healing ini akan dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri maupun wira usaha. Sehingga, peluang bagi lulusannya untuk bekerja menjadi lebih besar,” ungkap Ida.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ida mengatakan, sejumlah BLK Komunitas di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa.

“Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemenaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah, dan sebagainya,” tambah dia.

Baca juga: Kemnaker Siap Berikan Pelatihan Vokasi Bagi Karyawan Giant yang Terkena PHK

Ida mengatakan, dalam pelatihan spa di BLK Komunitas ini, para siswa akan diajarkan bagaimana meramu bahan-bahan ramuan tradisional, memijat, totok wajah, refleksi, lulur, creambath, menyambut tamu, hingga menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan spa.

“Indonesia kaya dengan memanfaatkan rempah-rempah dan bahan jamu-jamuan, dengan lama pelatihan sekitar 1,5 bulan, setelah lulus para siswa akan menerima sertifikat yang sudah disiapkan dan didampingi untuk menempatan kerjanya,” ungkap Ida.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.