Kompas.com - 11/06/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi asuransi jiwa SHUTTERSTOCKIlustrasi asuransi jiwa
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan asuransi jiwa, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri (AJTM) bukukan laba setelah pajak sebesar Rp 18,39 miliar pada 2020, atau melonjak 119 persen dibanding 2019 yang hanya Rp 8,39 miliar.

Direktur Utama AJTM Hanindio W. Hadi mengungkapkan, kinerja tersebut ditopang oleh kebijakan dan strategi perusahaan selama pandemi Covid-19 yang dicanangkan sejak September 2020 melalui transformasi Sumber Daya Manusia (SDM), produk (bisnis proses), dan sistem yang terintegrasi

“Keberhasilan itu tidak terlepas dari kebijakan dan strategi yang dilaksanakan dengan penuh komitmen oleh seluruh komponen perusahaan,” kata Hanindio melalui siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Ini Posisi dan Syaratnya

Semantara itu, total aset juga meningkat 15 persen dari Rp 1,7 triliun menjadi Rp 1,96 triliun.
AJTM mencatat adanya peningkatan pada hasil underwriting atau penilaian tingkat risiko dari suatu objek pertanggungan. Dari semula minus Rp 11,69 miliar pada 2019, menjadi Rp 97,48 miliar pada 2020.

Peningkatan hasil underwriting tersebut dinilai merupakan hasil dari kehati-hatian proses penghentian penjualan untuk bisnis baru dari produk-produk yang dinilai tidak profitabel dan moratorium beberapa produk asuransi.

“Kedua langkah itu dibarengi dengan rebalancing portofolio dari produk yang ada. Semua produk yang tidak memenuhi hukum bilangan besar dan tidak memenuhi kriteria pada tata kelola yang berdampak pada bisnis yang sehat dihentikan atau dilakukan restrukturisasi. Itulah kunci yang membuat kami survive pada 2020,” ujar Hanindio.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Strategi dan kebijakan tersebut dinilai mampu mendorong kesehatan keuangan AJTM, dengan Risk Based Capital (RBC) sekitar 101 persen pada 2019 menjadi 257 persen pada 2020. Sedangkan Rasio Kecukupan Investasi (RKI) meningkat dari 104 persen menjadi 111 persen.

Baca juga: Catat, Bursa Kripto Indonesia Diluncurkan Akhir 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.