Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga Ajak Rusia Tanam Investasi di Indonesia

Kompas.com - 11/06/2021, 17:52 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengajak Rusia membuka potensi investasi di Indonesia.

Ajakan itu dilayangkan Airlangga usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan partai Presiden Rusia Vladimir Putin, yakni Partai Rusia Bersatu (United Russia Party).

"Peran Rusia begitu diharapkan dalam membuka potensi-potensi investasi di Indonesia," kata Airlangga dalam siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Airlangga menjelaskan, Indonesia saat ini sudah menyiapkan regulasi guna mempercepat pemulihan ekonomi, salah satunya UU Cipta Kerja untuk memperlancar dan mempercepat investasi datang ke Indonesia.

Baca juga: PPN Sembako dkk Diyakini Bikin Sistem Pajak Lebih Adil, Begini Penjelasan Stafsus Menkeu

Bagi Indonesia, hubungan bilateral dengan Rusia memiliki nilai yang strategis, sebagai salah satu kekuatan dunia untuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

"Momentum pemulihan ekonomi pasca Covid-19 adalah potensi untuk kembali membuka pasar yang terbuka dan menguntungkan kedua negara," beber dia.

Lagipula, kerja sama Indonesia-Rusia yang selama ini terjalin juga telah mampu menopang kestabilan ekonomi kedua negara. Antara lain bidang energi, transportasi, pariwisata, dan infrastruktur.

Di sektor politik, Rusia disebut membantu perkembangan demokratisasi di Indonesia, menjadikan hubungan antara Indonesia dengan Rusia sebagai bagian dari kemitraan strategis.

Baca juga: Nasabah Minna Padi: Sudah Hampir 2 Tahun, Pengembalian Dana Belum Jelas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com