Kilang Cilacap Terbakar, Penyaluran BBM dan Elpiji Dipastikan Aman

Kompas.com - 12/06/2021, 06:34 WIB
Kilang minyak di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021). istimewaKilang minyak di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar, Jumat (11/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) pastikan pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman.

Meskipun salah satu bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah mengalami kebakaran.

Unit Manager Communication, Relations, dan Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi distribusi BBM dan elpiji seputaran wilayah Jateng dan DIY.

Baca juga: Kilang Cilacap Terbakar, Ini Penjelasan Pertamina

"Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki tujuh fuel terminal dan tiga elpiji terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan elpiji di provinsi Jawa Tengah dan DIY," ucap Brasto melalui keterangan pers tertulisnya, Sabtu (12/6/2021).

"Untuk itu, pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut," imbuh dia.

Pertamina meminta masyarakat wilayah Jateng dan Yogyakarta agar tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan stok BBM dan elpiji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, terlebih terkait kebutuhan pasokan BBM dan LPG," kata dia.

Sebagai informasi, sekitar pukul 19.45 WIB, terjadi kebakaran tangki di Kilang Cilacap.

Baca juga: Bangun Infrastruktur LNG di Kilang Cilacap, Pertamina Siapkan Rp 2,1 Triliun

Penyebab kebakaran pun belum diketahui. Walaupun begitu, Pertamina berhasil mengendalikan kebakaran yang terjadi pada salah satu tanki yang berisi benzene.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api.

Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran. Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270.000 barel per hari.

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.