Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar

Kompas.com - 13/06/2021, 07:15 WIB
Pendiri Amazon dan Blue Origin, Jeff Bezos businessinsider.comPendiri Amazon dan Blue Origin, Jeff Bezos
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Seseorang memenangkan lelang atas kursi wisata Luar Angkasa bersama dengan Jeff Bezos.

Dilansir dari CNN, Minggu (13/6/2021), orang yang belum diungkapkan identitasnya tersebut memenangkan lelang senilai 28 juta dollar AS atau sekitar Rp 397,6 miliar (kurs Rp 14.200) atas kursi sebuah pesawat luar angka yang akan diterbangkan dalam sebuah misi bersama dengan Jeff Bezos.

Bezos sendiri rencananya bakal melakukan perjalanan luar angkasa selama 11 menit tersebut bersama dengan adiknya, Mark Bezos, menggunakan roet jenis New Shepard.

Baca juga: Pendiri Amazon Jeff Bezos Ungkap Rencana Bertualang ke Luar Angkasa

Direktur Penjualan Blue Origin Ariane Cornell mengatakan sebanyak 7.600 orang dari 159 negara telah mendaftar untuk bisa ikut serta dalam ellang tersebut. Adapun perjalanan luar angkasa rencananya akan dilakukan dari fasilitas Blue Origin di Texas pada 20 Juli 2021 mendatang.

Blue Origin adalah perusahaan roket yang didirikan oleh Bezos pada tahun 2000 lalu. Perusahaan tersebut telah menghabiskan waktu selama satu dekade terakhir untuk menguji roket New Shepard.

Misi New Shepard pada bulan Juli mendatang menandai penerbangan bersama manusia untuk pertama kallinya setelah diterbangkan tanpa awak sebanyak 15 kali sejak tahun 2015 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jeff Bezos Lengser dari Amazon 5 Juli, Siapa Penggantinya?

Tujuan dari misi Bezos tersebut yakni untuk menjual tiket wisata luar angkasa kepada publik. Wisata tersebut menawarkan perjalanan 62 mil di atas permukaan bumi, dengan waktu sekitar 11 menit.

Para penumpang pun bisa menikmati pemandangan luar angkasa sekitar tiga menit dari keseluruhan total waktu perjalanan tersebut.

Dana dari hasil lelang tersebut rencananya akan didonasikan untuk Club for the Future Blue Origin, yang memiliki tujuan untuk mempromosikan edukasi sains, teknologi, engineering, dan matematika untuk para pelajar.

Di sisi lain, lelang tersebut sekaligus menjadi uji coba seberapa besar orang kaya bersedia membayar untuk sebuah perjalanan singkat ke luar angkasa.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 29 Triliun, Untuk Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.