Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar

Kompas.com - 13/06/2021, 07:15 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


NEW YORK, KOMPAS.com - Seseorang memenangkan lelang atas kursi wisata Luar Angkasa bersama dengan Jeff Bezos.

Dilansir dari CNN, Minggu (13/6/2021), orang yang belum diungkapkan identitasnya tersebut memenangkan lelang senilai 28 juta dollar AS atau sekitar Rp 397,6 miliar (kurs Rp 14.200) atas kursi sebuah pesawat luar angka yang akan diterbangkan dalam sebuah misi bersama dengan Jeff Bezos.

Bezos sendiri rencananya bakal melakukan perjalanan luar angkasa selama 11 menit tersebut bersama dengan adiknya, Mark Bezos, menggunakan roet jenis New Shepard.

Baca juga: Pendiri Amazon Jeff Bezos Ungkap Rencana Bertualang ke Luar Angkasa

Direktur Penjualan Blue Origin Ariane Cornell mengatakan sebanyak 7.600 orang dari 159 negara telah mendaftar untuk bisa ikut serta dalam ellang tersebut. Adapun perjalanan luar angkasa rencananya akan dilakukan dari fasilitas Blue Origin di Texas pada 20 Juli 2021 mendatang.

Blue Origin adalah perusahaan roket yang didirikan oleh Bezos pada tahun 2000 lalu. Perusahaan tersebut telah menghabiskan waktu selama satu dekade terakhir untuk menguji roket New Shepard.

Misi New Shepard pada bulan Juli mendatang menandai penerbangan bersama manusia untuk pertama kallinya setelah diterbangkan tanpa awak sebanyak 15 kali sejak tahun 2015 lalu.

Baca juga: Jeff Bezos Lengser dari Amazon 5 Juli, Siapa Penggantinya?

Tujuan dari misi Bezos tersebut yakni untuk menjual tiket wisata luar angkasa kepada publik. Wisata tersebut menawarkan perjalanan 62 mil di atas permukaan bumi, dengan waktu sekitar 11 menit.

Para penumpang pun bisa menikmati pemandangan luar angkasa sekitar tiga menit dari keseluruhan total waktu perjalanan tersebut.

Dana dari hasil lelang tersebut rencananya akan didonasikan untuk Club for the Future Blue Origin, yang memiliki tujuan untuk mempromosikan edukasi sains, teknologi, engineering, dan matematika untuk para pelajar.

Di sisi lain, lelang tersebut sekaligus menjadi uji coba seberapa besar orang kaya bersedia membayar untuk sebuah perjalanan singkat ke luar angkasa.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 29 Triliun, Untuk Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com