Hingga Agustus 2021, Avanza dkk Masih Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Kompas.com - 13/06/2021, 16:34 WIB
Toyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.com/RulyToyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen atas pembelian mobil dengan kapasitas silinder hingga 1.500 cc sampai Agustus 2021.

Mulanya, masa berlaku kebijakan tersebut telah berakhir pada bulan Mei lalu, dan tarif diskon yang berlaku berkurang menjadi hanya 50 persen.

Dengan perpanjangan masa berlaku diskon PPnBM 100 persen tersebut, maka hingga Agustus mendatang pembelian mobil rakitan lokal dengan kapasitas silinder hingga 1.500 cc digratiskan pajak mobil baru.

Baca juga: Diskon PPnBM Mobil Diperpanjang hingga Agustus 2021

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, tujuan dari perpanjangan masa berlaku kebijakan tersebut untuk menjaga momentum perbaikan ekonomi nasional.

Dia pun mengatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyetujui perpanjangan insentif tersebut dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Jumat kemarin.

“Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi,” tambahnya.

Untuk diketahui, jenis mobil yang mendapatkan relaksasi tersebut sebagian besar di segmen MPV murah.

Jenis-jenis mobil yang bisa mendapatkan pembebasan PPnBM 0 persen antara lain jenis kendaraan multi pupose vehicle (MPV) kelas low seperti Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Toyota Avanza, dan Nissan Livina. Jenis kendaraan lainnya adalah low cost green car atau LCGC seperti Toyota Agya, Honda Brio Satya, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Ayla. Lalu jenis mobil sedan jenis tertentu.

Baca juga: Kerap Dibenturkan, Ini Bedanya PPN Sembako dengan Insentif PPnBM

Untuk diketahui, ketika melakukan pembelian mobil baru, maka akan ada empat jenis pajak mobil baru yang diberlakukan.

Halaman:


Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.