Pertamina Pastikan Seluruh Titik Api di Kilang Cilacap Sudah Padam

Kompas.com - 13/06/2021, 17:22 WIB
Ilustrasi Kilang Cilacap. Dok. PertaminaIlustrasi Kilang Cilacap.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan, Tim Emergency telah berhasil menuntaskan proses pemadaman api paska insiden kebakaran di tangki area 39, kompleks Kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono mengatakan, upaya pemadaman telah dilakukan Tim Emergency selama kurang dari 40 jam.

“Tepat pada hari Minggu, pukul 10.50 WIB, kawan-kawan di Kilang Pertamina Cilacap bisa memadamkan seluruh api yang ada di sekitar tangki area 39. Semua dalam kondisi lancar dan padam,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/6/2021).

Saat ini, Pertamina terus melakukan pemantauan, pendinginan atau cooling dengan foam di area tangki, guna memastikan tidak ada lagi titik api baru.

“Kami juga terus melakukan pengukuran temperatur tangki, dan saat ini pada angka 35 derajat celcius. Artinya bisa dipastikan dengan temperatur ini tidak ada lagi potensi titik api baru, meskipun kami tetap siaga,” tuturnya.

Baca juga: Tinjau Kebakaran di Kilang Cilacap, Bos Pertamina: Tidak Ada Korban

Djoko memastikan, insiden tersebut tidak mengakibatkan kendala apa pun terhadap konsumen, baik masyarakat umum maupun konsumen dari kalangan industri petrokimia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Seperti penegasan Ibu Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina, insiden ini sejak awal sama sekali tidak berdampak pada operasional kilang maupun distribusi BBM dan Elpiji. Semua aman,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (11/5/2021) pukul 19.45 WIB. Salah satu tangki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar.

"Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 WIB dan penyebab kebakaran masih belum diketahui," ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Dirut Pertamina: Standar Safety Kilang Cilacap Benar-benar Aman



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X