Kompas.com - 13/06/2021, 21:00 WIB
Pembagian ilmu ekonomi dan cabangnya KOMPAS.com/Gischa PrameswariPembagian ilmu ekonomi dan cabangnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehidupan manusia di dunia tak bisa sepenuhnya lepas dari kegiatan ekonomi. Sedangkan kegiatan ekonomi yang terjadi merupakan penerapan dari ilmu ekonomi.

Lantas, apa itu ilmu ekonomi?

Mengutip dari buku Kamus Lengkap Istilah Ekonomi (2020) karya Tim Panca Aksara, ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Baca juga: Mengenal Koperasi, Mulai dari Pengertian, Jenis Hingga Tujuannya

Sementara itu, menurut M Manullang ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran atau kondisi dimana manusia bisa memenuhi kebutuhannya, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Sedangkan menurut Alfred Marshall Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan pun kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah mengetahui pengertian dari ilmu ekonomi, ada baiknya kamu juga mengerti tentang jenis-jenis ilmu ekonomi.

Mengutip dari laman gramedia.com, ilmu ekonomi terbagi ke beberapa jenis. Berikut beberapa pembagian jenis ilmu ekonomi yang perlu kamu ketahui:

Ilmu ekonomi terapan merupakan bidang ilmu ekonomi yang mengaplikasikan teori dan prinsip ekonomi dalam situasi riil untuk memprediksi kemungkinan hasil yang berfokus pada pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis, khususnya bagi individu dalam pengambilan keputusan, kebijakan, pedoman, atau standar tertentu dengan tujuan mengatasi masalah yang terjadi.

Ilmu ekonomi ini biasanya menggunakan studi kasus dan statistic. Contohnya dalam lingkup perusahaan, ekonomi moneter, dan perbankan.

  • Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif sebagai ilmu ekonomi yang menggambarkan bagaimana keadaan perekonomian di masyarakat saat itu. Ekonomi deskriptif sendiri memaparkan data-data dari beragam fakta serta fenomena yang terjadi. Ilmu ekonomi mengkaji berbagai gambaran, dan kondisi perekonomian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.