Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Kompetisi Futsal, Menaker Ida Berharap Pekerja dan Pengusaha Bisa Bangkit Kembali

Kompas.com - 13/06/2021, 21:11 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Dalam upaya menjaga kesehatan serta produktivitas selama pandemi Covid-19 sekaligus ajang silaturahmi antara buruh atau pekerja dengan pengusaha dan pemerintah, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar Kompetisi Futsal Tripartit (KFT) 2021.

Pembukaan KFT 2021 tersebut diikuti 19 tim futsal yang ditandai dengan kick off (tendangan bola pertama) oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Lapangan Futsal Cilandak Sport Center, Jakarta Selatan, Minggu (13/6/2021).

“KFT ini berguna untuk melatih dan membangun jiwa sportivitas sekaligus menjadi wadah bersinergi bersama untuk memulai serta berinovasi kembali membangun Indonesia bangkit dari dampak pandemi,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Ida menerangkan, agenda KFT 2021 itu diikuti tim futsal yang terdiri dari pegawai Kemenaker, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, serta Kantor Dagang dan Kamar Industri (Kadin) Indonesia.

Baca juga: Kemnaker: Komitmen BLK Komunitas, Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia

Tidak ketinggalan, ada pula tim dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Konfederasi Serikat Pekerja/Buruh, serta sejumlah media massa.

“Ini merupakan turnamen futsal pertama kali yang digelar Kemenaker, setelah pada 2018 menyelenggarakan Liga Pekerja Indonesia (Lipesia),” ujarnya.

Melalui KFT ini pula, Ida berharap pekerja dan pengusaha bisa bersama-sama bangkit kembali menyelesaikan masalah-masalah ketenagakerjaan yang tengah dihadapi saat ini dan pada masa mendatang.

“Selamat mengikuti KDT 2021, semoga niat baik kita bisa membangun kebersamaan. Semoga ke depannya bisa diadakan dengan lingkup lebih luas, agar spirit kebersamaan selalu melekat di hati. Mati bersama-sama bangkit kembali,” ajaknya saat membuka pertandingan.

Baca juga: Kemnaker Siap Berikan Pelatihan Vokasi Bagi Karyawan Giant yang Terkena PHK

Ida mengatakan, permasalahan yang terjadi antara pengusaha dan pekerja sejatinya tidak hanya bisa diselesaikan di atas meja, tetapi juga di lapangan futsal.

“Di sini kita memulihkan ekonomi nasional. Diawali dengan semangat bergandengan tangan menyelesaikan masalah ketenagakerjaan yang kompleks akibat pandemi Covid-19. Di lapangan futsal ini, sangat dibutuhkan sportivitas dan kita bawa dalam forum-forum di luar arena futsal,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ida berpesan kepada seluruh tim peserta KFT 2021 untuk selalu waspada akan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Saya mengimbau seluruh peserta KFT 2021 agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes),” imbaunya.

Baca juga: Video Viral Anak Buah Izin Sakit Disebut Sabotase Bisnis, Ini Kata Kemnaker dan Serikat Pekerja

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI JSK) Indah Anggoro Putri memaparkan, KFT 2021 merupakan rangkaian Hari Buruh 2021 yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antara para stakeholder ketenagakerjaan.

“Sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan, juara pertama nanti akan menerima uang sebesar Rp 40 juta, juara dua Rp 25 juta, dan juara tiga Rp 15 juta,” jelasnya.

Selaku steering committee acara KFT 2021, Indah juga memastikan bahwa panitia akan menyediakan hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta untuk top scorer. Pada akhir acara, seluruh tim tetap akan mendapatkan uang bermain sebesar Rp 500.000.

Sebagai informasi, 19 tim yang mengikuti turnamen KFT 2021, yaitu Kemenaker, BPJS Ketenagakerjaan, KSPRNI, KPBI, (K) SBSI, Apindo, GSBI, K-SPBUMN, K-SPSI 1973, K-SPN, K-SPSI AGN, Trans7, K-SN, KSBSI, K-KASBI, KSPI YRS, K-Sarbumusi, PT BNI dan PT BSI.

Baca juga: Posko THR Terima Banyak Pengaduan, Kemnaker Minta Kadisnaker Berikan Informasi Real-Time

Pembukaan KFT 2021 tersebut dihadiri Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi, dan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Suhartono.

Tidak ketinggalan, turut hadir pula Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Estiarty Haryani, Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Ketenagakerjaan (Kabarenbang) Bambang Satrio Lelono, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPS) Yorrys Raweyai, serta Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com