Sudah Turun, Ini Harga Daging Sapi pada Juni 2021

Kompas.com - 14/06/2021, 10:17 WIB
Petugas memeriksa kadar air di daging sapi yang dijual. KOMPAS.com/istPetugas memeriksa kadar air di daging sapi yang dijual.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Dinas Provinsi yang membidangi perdagangan seluruh Indonesia, pada Juni 2021 rata-rata harga daging sapi nasional tercatat sebesar Rp 125.600 per kg. Harga tersebut telah mengalami penurunan sebesar 6,34 persen dibandingkan Mei 2021.

Begitu juga dengan wilayah DKI Jakarta yang mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan beberapa bulan terakhir, telah mengalami penurunan sebesar 9,28 persen dengan harga saat ini sebesar Rp 133.200/kg.

Berdasarkan informasi dari pelaku usaha penggemukan sapi, saat ini harga sapi berat hidup di tingkat farm berada di kisaran Rp 48.000 per kg – Rp53.000 per kg, di mana pada kondisi normal harga berkisar Rp 45.000 per kg.

Baca juga: Jelaskan Pertimbangan PPN Sembako dkk, Kemenkeu Sebut The Death of The Income Tax

Kenaikan harga daging sapi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir disebabkan harga sapi ex-impor asal Australia mengalami kenaikan, berdasarkan data Meat and Livestock Australia harga per Mei 2021 sebesar 4,52 dollar AS, naik 19,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Hal tersebut disebabkan adanya kebijakan repopulasi stok sapi oleh pemerintah Australia yang diiringi dengan kenaikan permintaan dari negara lain (RRT & Vietnam),” kata Direktur Jenderal Kemendag Oke Nurwan saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (13/6/2021).

Sebagai langkah antisipasi gejolak harga dan pasokan di masa mendatang, Oke mengatakan pemerintah tengah memaksimalkan upaya penyediaan pasokan sapi dan daging sapi dengan memobilisasi sapi lokal dari wilayah sentra produksi ke wilayah sentra konsumsi dengan melibatkan BUMN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, guna menghilangkan ketergantungan pasokan sapi asal Australia, Pemerintah sedang menjajaki potensi negara sentra produksi lain sebagai alternatif pasokan sapi yang akan dipersiapkan untuk di masa yang akan datang. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Pemerintah Perpanjang Diskon 100 Persen PPnBM Kendaraan

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kemendag sebut harga daging sapi mengalami penurunan pada Juni 2021



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X