BPK Buka 1.320 Formasi untuk CPNS 2021, Simak Rincian Berikut

Kompas.com - 14/06/2021, 14:16 WIB
Gedung BPK Gedung BPK
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah mengumumkan formasi CPNS 2021. Dikutip dari keterangan resmi BPK, Senin (14/6/2021), formasi CPNS BPK 2021 yang dibuka sebanyak 1.320 formasi.

Di dalam keterangan resmi tersebut dijelaskan, formasi tersebut dibuka untuk jabatan pemeriksa ahli pertama, pranta komputer, serta pengelolaan data informasi dan hukum.

"BPK menndapatkan fromasi yang cukup banyak pada tahun 2021, yaitu 1.320 untuk jabatan pemeriksa dan jabatan lainnya, yang utamanya jabatan pemeriksa," jelas Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif.

Baca juga: Catat, Kementerian PUPR Buka 1.057 Formasi CPNS 2021

Lebih rinci ia menjelaskan formasi CPNS BPK 2021 terdiri atas 1.257 jabatan pemeriksa ahli pertama, 35 jabatan pranata komputer, serta 28 formasi pengelolaan data informasi dan hukum.

Secara keseluruhan, proses seleksi CPNS sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni seleksi adminsitrasi, seleksi komputer dasar, dan seleksi komptensi bidang.

Adapun dari keseluruhan jumlah tersebut, BPK mengalokasikan sebanyak 27 formasi untuk disabilitas. Jumlah tersebut setara dengan 2 persen dari keseluruhan total formasi yang dibuka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu sesuai dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) tahun 2021 terkait penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan BPK tahun 2021.

Baca juga: Formasi CPNS yang Sepi Peminat Bisa Diisi Pelamar Lain, Ini Aturannya

"Kebijakan pemerintah mengalokasikan formasi khusus disabilitas sebanyak 2%, yang artinya untuk tahun 2021 ada 27 orang,” ungkap Bahtiar.

Ia pun menjelaskan, dengan latar belakang pegawai BPK yang kian beragam, termasuk dar rekan-rekan disabilitas, maka akan menambah keluasan pegawai dalam bekerja di BPK.

Keberagaman, inklusifitas, dan tentunya diikuti dengan perbaikan-perbaikan atau ruang-ruang perbaikan yang perlu dilakukan dalam rangka rencana penerimaan formasi CPNS BPK 2021 tersebut.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran CPNS 2021 yang segera dibuka dalam waktu dekat dilakukan melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (website SSCASN 2021).

Portal tersebut dapat diakses melalui link pendaftaran CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id yang saat ini sudah dapat diakses. Pada website tersebut sudah tersedia fitur buat akun dan login di sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Formasi CPNS 2021 Ini Bisa Diikuti Pelamar Usia 40 Tahun



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X