Pemerintah Targetkan Produksi Mobil Listrik Capai 2 Juta Unit di 2030

Kompas.com - 14/06/2021, 16:45 WIB
ILustrasi mobil listrik Dok. Pixabay.comILustrasi mobil listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, pemerintah menargetkan ada sebanyak 2 juta unit mobil listrik yang diproduksi hingga tahun 2030.

Tak hanya itu, untuk motor listrik ditargetkan bisa mencapai 16 juta unit.

"Kami kementerian ESDM dengan kementerian lain menargetkan hingga tahun 2030 akan mencapai 2 juta unit mobil listrik dan 16 juta unit untuk motor listrik. Ini target kami untuk 10 tahun ke depan,"ujarnya saat jumpa pers IEECCE (Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition) yang diselenggarakan secara virtual, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di RI, Konsorsium Perusahaan China Investasi Rp 30 Triliun

Dia menuturkan, pemerintah ingin mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan beralih ke energi yang lebih efisien seperti listrik.

Apalagi saat ini, pemerintah sudah mulai mengembangkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum alias SPKLU.

Dia menyebutkan hingga tahun 2030 pemerintah juga menargetkan akan membangun SPKLU sebanyak 25.000 unit. Sementara saat ini baru ada 190 unit SPKLU yang tersebar di wilayah Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi sekarang kalau ada kendaraan yang mau diisi batrenya sudah bisa. Sudah ada tersebar di 190 titik di Jakarta, salah satunya di Kementerian ESDM. Itu bisa dipakai," kata dia.

Walau demikian lanjut dia untuk penggunaan bahan bakar cair masih tetap akan digunakan dan hanya akan mengalami pengurangan saja.

Baca juga: Hingga April 2021, Sudah Ada 122 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Indonesia

 

"BBM cair masih tetap digunakan tapi ke depan akan terjadi pengurangan karena akan beralih ke penggunaan listrik,"ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X