Angkut Beras Merauke, Trayek T-19 Tol Laut Pecah Rekor Muat Terbanyak

Kompas.com - 14/06/2021, 18:40 WIB
Trayek T-19 Tol Laut memecahkan rekor muatan terbanyak. dok. KemenhubTrayek T-19 Tol Laut memecahkan rekor muatan terbanyak.


JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan Tol Laut pada trayek T-19 lintas Papua memecahkan rekor muatan terbanyak dalam perjalanannya atau voyage ke-6, dengan salah satu komoditas andalan berupa beras dari Merauke.

Trayek ini sekaligus menjawab persoalan tidak terserapnya beras Merauke akibat mahalnya biaya transportasi angkutan laut.

Pada voyage ke-6, trayek T-19 Tol Laut yang menggunakan kapal KM Logistik Nusantara 2 mengangkut 56 kontainer beras dari Merauke.

Baca juga: Tekan Disparitas Harga, Menhub Minta Pemda Optimalkan Tol Laut

Angka tersebut melonjak drastis, setelah sebelumnya pada voyage ke-5 trayek ini mengangkut 19 kontainer komoditas unggulan.

Alhasil, muatan voyage ke-6 ini merupakan yang terbanyak sepanjang keberadaan Tol Laut dengan trayek T-19 tersebut.

“Pada voyage ke-6 ini angkutan Tol Laut trayek T-19 mengangkut 56 kontainer yang berisi komoditas unggulan beras dari Kabupaten Merauke,” kata Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa, Senin (14/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trayek T-19 sejak diluncurkan oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada awal tahun ini, memang diselenggarakan untuk menjawab persoalan pendistribusian beras di Papua dan Papua Barat.

Lebih lanjut, Taher mengungkapkan, sejak adanya rute T-19, arus penyaluran logistik khususnya beras ke seluruh wilayah di Papua dan Papua Barat menjadi lebih efisien. Pasalnya, jalur trayek tidak lagi ke wilayah Jawa, melainkan khusus hanya di Papua – Papua Barat.

Baca juga: Patroli Laut Gabungan Digelar di Batam Cegah Penyelundupan Barang

Adapun trayek T-19 ini berpangkal di Merauke, rutenya meliputi Merauke – Kokas – Sorong – Korido – Depapre (Jayapura) – Sorong – Merauke dan dilayani kapal KM Logistik Nusantara 2 yang mulai beroperasi awal tahun ini.

“Dari 56 kontainer beras tersebut, sebanyak 24 kontainer beras dikirim ke Kabupaten Jayapura melalui Pelabuhan Depapre dan tiba pada 9 Juni 2021,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.