Kompas.com - 15/06/2021, 14:34 WIB
Ilustrasi para pekerja di industri  migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan. SHUTTER STOCKIlustrasi para pekerja di industri migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melaporkan, realisasi produksi minyak dan gas (migas) sepanjang tahun 2020 sebesar 862,7 juta barrel setara minyak per hari (MBOEPD).

Capaian tersebut meleset dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2020 yang telah direvisi, yakni 894 MBOEPD.

Pjs Senior VP Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, realisasi produksi migas 862,7 MBOEPD itu terdiri dari produksi minyak mentah sebesar 408,4 MBOPD dan gas bumi 2.634,2 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

“Pertamina aktif mencari sumber cadangan migas baru melalui kegiatan pengeboran sumur eksplorasi agar di masa depan ketahanan energi nasional semakin kuat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus sama China

Pada 2020, anak usaha hulu Pertamina mampu merealisasikan pengeboran eksplorasi 9 sumur dan berhasil melakukan Survei Seismik Laut Regional 2D di wilayah terbuka sepanjang 32.215 km serta Survei Seismik 3D seluas 755 km2.

Dengan realisasi tersebut, Pertamina dapat menambah cadangan migas proven (P1) sebesar 212,5 MMBOE dan realisasi temuan contigent resource (2C) sebesar 287 MMBOE.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Upaya ini merupakan bukti komitmen Pertamina untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi ketika perusahaan migas lainnya justru menunda kegiatan eksplorasi akibat turunnya harga minyak dunia,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak bagi industri hulu migas.

Pasalnya, berbagai tantangan dihadapi oleh sektor industri itu, yakni mulai dari sempat merosotnya harga minyak mentah, penurunan permintaan, dan kurs rupiah yang juga sempat bergerak dengan fluktuasi tinggi.

Baca juga: Bakal Kena PPN Sembako, Ini Perbandingan Harga Beras Shirataki dengan Rojolele

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.