Ini yang Dilakukan GoFood untuk Pastikan Standar Mutu Produk Makanan

Kompas.com - 15/06/2021, 16:11 WIB
Ilustrasi:  Pengantaran pesanan Gofood oleh mitra driver Gojek. GoFood menerapkan skema komisi baru kepada mitranya mulai 5 Maret 2021. Dok Humas GojekIlustrasi: Pengantaran pesanan Gofood oleh mitra driver Gojek. GoFood menerapkan skema komisi baru kepada mitranya mulai 5 Maret 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk menjamin kualitas makanan dan standar mutu kepada konsumen, GoFood secara rutin melakukan upaya edukasi kepada mitra GoFood.

Selain itu, pihak GoFood juga secara rutin mengimbau penerapan standar kebersihan.

Rosel Lavina, VP Corporate Affairs Food & Groceries Gojek, mengungkapkan, GoFood berupaya untuk memantau dan menerapkan standar mutu dengan mengedukasi penerapan protokol kebersihan makanan.

Baca juga: Mau Daftar Mitra Gofood? Simak Langkah-langkahnya

“Selain melalui edukasi, GoFood juga mendukung mitra usaha menerapkan protokol kebersihan makanan dengan mendistribusikan aset digital penunjang protokol J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan) di setiap pesanan kuliner. Seperti safety seal berlogo GoFood, dan mengembangkan inovasi di aplikasi Gojek berupa visibilitas,” kata Rosel kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Rosel mengungkapkan, pihaknya juga meminta mitra GoFood untuk menerapkan minimal 3 dari 6 protokol kebersihan makanan sesuai arahan BPOM.

Eksposur bagi mitra usaha yang telah melakukan deklarasi mandiri atas penerapan minimal 3 dari 6 protokol arahan BPOM pada in-app shuffle cards dengan kategori ‘Protokol Kebersihan Ketat’.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dalam penerapannya, GoFood akan terus berkoordinasi dengan BPOM dan akan terus mengikuti arahan BPOM terkait strategi pengawasan penerapan protokol kebersihan dan keamanan makanan ini,” jelas dia.

Baca juga: Daftar Gofood untuk Usaha Kuliner, Ini Syarat dan Langkahnya

Rosel mengatakan, di masa pandemi Covid-19, di mana kebersihan menjadi hal penting bagi pelanggan, pihaknya terus mengingatkan dan berupaya untuk mendorong mitra usaha tetap menerapkan protokol J3K di lokasi usaha serta memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

“Dalam memproses orderan sehari-hari dari pelanggan, terlebih di tengah masa pandemi, kami selalu mengimbau dan mengedukasi mitra usaha untuk terus menerapkan protokol J3K. Pemantauan kualitas layanan ini kami lakukan berdasarkan rating dari pelanggan dan masukan dari mitra driver saat mengambil orderan,” jelas dia.

Di sisi lain, GoFood juga terus berupaya meningkatkan keamanan data pribadi dan data usaha, melalui konfirmasi kepemilikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan data yang digunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Kami juga senantiasa mengimbau calon mitra usaha/ pemilik resto di GoFood melakukan konfirmasi kepemilikan untuk mengklaim statusnya sebagai pemilik usaha sekaligus untuk mencegah penyalahgunaan data yang seharusnya hanya bisa diakses oleh pemilik usaha,” jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X