Industri Multifinance Girang Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang

Kompas.com - 15/06/2021, 19:13 WIB
Ilustrasi mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif sedang mendapat kabar gembira akibat pemerintah memperpanjang periode diskon Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) 100 persen. Perpanjangan stimulus tersebut juga disambut baik oleh perusahaan multifinance yang mayoritas pembiayaannya berasal dari pembelian mobil baru.

Asal tahu saja, stimulus tersebut awal mulanya berakhir pada Mei lalu. Hanya saja, pemerintah akhirnya memutuskan untuk kembali memperpanjang stimulus tersebut hingga Agustus 2021 nanti.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia Suwandi Wiratno mengatakan bahwa keputusan tersebut yang tepat untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Ia bilang dengan perpanjangan stimulus ini memberikan kesempatan kembali bagi masyarakat untuk melakukan pembelian mobil baru.

“Apalagi di periode sebelumnya, stoknya juga kurang. Jadi untuk masyarakat yang kemarin belum sempat beli karena harus indent sekarang masih bisa beli dengan harga yang murah karena diskon PPnBM itu sendiri,” ujar Suwandi kepada KONTAN, Senin (14/6/2021).

Baca juga: PPnBM Mobil Didiskon tapi Sembako Akan Dipajaki, Begini Kata Ditjen Pajak

Suwandi juga bilang bahwa harapannya dengan perpanjangan diskon ini bisa meningkatkan kembali pembiayaan mobil bagi industri multifinance tahun ini. Hanya saja, ia juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan peningkatan tersebut terbatas karena perbandingan orang yang melakukan kredit lebih sedikit dibandingkan dengan yang membeli secara tunai.

“Kalau dilihat sekarang kan rasio orang-orang yang membeli kendaraan secara tunai lebih besar dengan kira-kira 50 persen sampai 60 persen,” tambah Suwandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, BCA Finance yang 99,9 persen portofolionya berasal dari pembiayaan mobil sangat menyambut baik keputusan pemerintah tersebut. Perusahaan berharap perpanjangan ini bisa menaikkan jualan agar dapat mencapai target Rp 30 triliun tahun ini.

“Saya kira perpanjangan diskon PPnBM 100 persen adalah inisiatif sangat baik,karena momen setelah lebaran ini adalah titik rendah dalam penjualan mobil,” ujar Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim.

Baca juga: Risma Terima Laporan Dana Bansos Mengalir ke Keluarga Lurah dan Kepala Desa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.