Ini Strategi BNI Genjot Penyaluran Kredit di Masa Pandemi

Kompas.com - 17/06/2021, 06:27 WIB
Salah satu Kantor Cabang BNI KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoSalah satu Kantor Cabang BNI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menerapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan penyaluran kredit dalam masa pandemi.

Head of Investor Relation BNI Yohan Setio menuturkan salah satu yang dilakukan adalah fokus menyalurkan ke segmen yang kinerjanya terkontrol.

"Kami mengakui bahwa saat ini yang paling kencang penyalurannya adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Ini karena suku bunga paling rendah yakni 5 persen. Jika kredit default, ada penjaminnya," ujar Yohan saat berbincang dengan media, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Tahun Ini, BNI Berencana Tutup 96 Kantor Cabang

Segmen kedua yang menjadi fokus penyaluran kredit adalah segmen konsumer. Perseroan menggenjot penyaluran kredit tanpa agunan (KTA), utamanya untuk karyawan yang menggunakan payroll BNI.

Lainnya adalah memperbesar penyaluran KPR. Ini karena permintaan kredit untuk pembelian rumah mengalami kenaikan belakangan ini.

"Perseroan juga melakukan penyaluran kredit ke sektor korporasi, utamanya perusahaan-perusahaan bluechip. Segmen perusahaan menengah juga ada dan kami tetap mengedepankan aspek kehati-hatian," kata Yohan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga April 2021, total kredit yang telah disalurkan oleh BNI mencapai Rp 554 triliun. Jumlah itu mengalami kenaikan 2,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 541 triliun.

Baca juga: Cara dan Syarat Ajukan KPR di BNI, BCA, dan BTN

Sementara itu perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 639 triliun atau naik 8,8 persen dari setahun sebelumnya Rp 587 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X