AS, Filipina, dan India Sumbang Surplus Neraca Perdagangan RI pada Mei 2021

Kompas.com - 17/06/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi impor SHUTTERSTOCKIlustrasi impor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, neraca perdagangan surplus dan pada bulan Mei sebesar 2,36 miliar dollar AS.

Mendag menjelaskan surplus perdagangan bulan Mei 2021 disumbang oleh surplus neraca non-migas sebesar 3,49 miliar dollar AS dan defisit neraca migas sebesar 1,13 miliar dollar AS.

Negara mitra dagang penyumbang utama surplus yaitu Amerika Serikat, Filipina, dan India dengan kontribusi sebesar 1,72 miliar dollar AS.

Di sisi lain, transaksi perdagangan dengan Tiongkok, Australia, dan Singapura berkontribusi terhadap defisit neraca perdagangan sebesar 1,09 miliar dollar AS.

Baca juga: Menko Airlangga: Neraca Perdagangan RI Surplus 13 Bulan Berturut-turut

"Secara kumulatif neraca perdagangan Januari—Mei 2021 surplus 10,17 miliar dollar AS dan melampaui surplus perdagangan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 4,18 miliar dollar AS. Surplus perdagangan Januari-Mei 2021 merupakan surplus perdagangan awal tahun terbesar selama 10 tahun terakhir atau sejak 2012,” sebut Mendag dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Kamis (17/6/2021)..

Sementara, terkait ekspor, mengalami peningkatan pada Mei 2021 yang tercatat sebesar 16,60 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai ini naik 58,76 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), namun turun 10,25 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya (MoM).

Baca juga: Neraca Perdagangan April Surplus, Tertinggi Sepanjang 2021

Penurunan tersebut disebabkan turunnya ekspor migas sebesar 2,68 persen dan non-migas sebesar 10,67 persen.

“Jika melihat data perkembangan kinerja ekspor tahun-tahun sebelumnya, kinerja ekspor di bulan Ramadhan dan Lebaran selalu mengalami penurunan dan hal tersebut merupakan pola musiman yang wajar. Hal ini akibat adanya hari libur pada bulan tersebut,”kata Mendag.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.