Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS, Filipina, dan India Sumbang Surplus Neraca Perdagangan RI pada Mei 2021

Kompas.com - 17/06/2021, 09:15 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, neraca perdagangan surplus dan pada bulan Mei sebesar 2,36 miliar dollar AS.

Mendag menjelaskan surplus perdagangan bulan Mei 2021 disumbang oleh surplus neraca non-migas sebesar 3,49 miliar dollar AS dan defisit neraca migas sebesar 1,13 miliar dollar AS.

Negara mitra dagang penyumbang utama surplus yaitu Amerika Serikat, Filipina, dan India dengan kontribusi sebesar 1,72 miliar dollar AS.

Di sisi lain, transaksi perdagangan dengan Tiongkok, Australia, dan Singapura berkontribusi terhadap defisit neraca perdagangan sebesar 1,09 miliar dollar AS.

Baca juga: Menko Airlangga: Neraca Perdagangan RI Surplus 13 Bulan Berturut-turut

"Secara kumulatif neraca perdagangan Januari—Mei 2021 surplus 10,17 miliar dollar AS dan melampaui surplus perdagangan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 4,18 miliar dollar AS. Surplus perdagangan Januari-Mei 2021 merupakan surplus perdagangan awal tahun terbesar selama 10 tahun terakhir atau sejak 2012,” sebut Mendag dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Kamis (17/6/2021)..

Sementara, terkait ekspor, mengalami peningkatan pada Mei 2021 yang tercatat sebesar 16,60 miliar dollar AS.

Nilai ini naik 58,76 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), namun turun 10,25 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya (MoM).

Baca juga: Neraca Perdagangan April Surplus, Tertinggi Sepanjang 2021

Penurunan tersebut disebabkan turunnya ekspor migas sebesar 2,68 persen dan non-migas sebesar 10,67 persen.

“Jika melihat data perkembangan kinerja ekspor tahun-tahun sebelumnya, kinerja ekspor di bulan Ramadhan dan Lebaran selalu mengalami penurunan dan hal tersebut merupakan pola musiman yang wajar. Hal ini akibat adanya hari libur pada bulan tersebut,”kata Mendag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com