KILAS

Kemenaker Siapkan 9 Lompatan Besar untuk Hadapi Tantangan Pembangunan Ketenagakerjaan

Kompas.com - 17/06/2021, 16:30 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Teknis Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Ketenagakerjaan Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (16/6/2021).
DOK. Humas KemenakerSekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Teknis Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Ketenagakerjaan Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tengah menyiapkan sembilan lompatan besar sebagai langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan.

Sembilan lompatan besar itu terdiri dari transformasi balai latihan kerja (BLK), link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan, ekosistem digital SIAPKerja, serta reformasi birokrasi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan, sembilan lompatan tersebut dilakukan guna merespon berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam sistem digitalisasi.

“Termasuk perkembangan dan kemajuan yang berimplikasi atau mempunyai keterkaitan terhadap dunia ketenagakerjaan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Strategi Menaker Ida Hadapi Transformasi Ketenagakerjaan di Era Industri 4.0

Pernyataan tersebut Anwar sampaikan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Teknis Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Ketenagakerjaan tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kesempatan itu, ia meminta semua unit kerja di lingkungan Kemenaker agar selalu mengedepankan kolaborasi. Sebab, melalui kolaborasi, impelemtasi sembilan lompatan tersebut bisa dilaksanakan secara optimal.

Tak lupa, Anwar turut memberikan apresiasi kepada Barenbang Ketenagakerjaan atas konsistensinya dalam membangun koordinasi dan konsolidasi implementasi sembilan lompatan besar Kemenaker.

“Hal baik yang digagas Barenbang Ketenagakerjaan ini semoga dapat menjadi sumber semangat dan inspirasi bagi unit kerja lainnya di Kemenaker,” imbuhnya.

Baca juga: 4 Strategi Kemenaker Jaga Hubungan Bilateral di Tempat Pekerja Migran Bekerja

Utamanya, lanjut Anwar, dalam meningkatkan kerja sama, membangun sinergi, dan kolaborasi untuk mewujudkan cita-cita besar bersama guna membangun ketenagakerjaan yang lebih baik.

Langkah transformasi pembangunan ketenagakerjaan 

Pada kesempatan terpisah, Kepala Barenbang Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengatakan, disrupsi digital dan pandemi Covid-19 menuntut pemerintah, khususnya Kemenaker, untuk cepat tanggap dalam menghadapi dinamika yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.