Kompas.com - 18/06/2021, 16:04 WIB
Ilustrasi lelang Getty Images/iStockphoto/siraanamwongIlustrasi lelang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang barang dengan harga miring yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) masih marak terjadi.

Padahal, pemerintah sudah mengingatkan, pemerintah hanya melakukan lelang melalui aplikasi dan website khusus, yakni lelang.go.id. Lelang pun dilakukan oleh DJKN melalui KPKNL sehingga semua proses administrasi lelang diselesaikan oleh KPKNL.

"Sekarang banyak sekali penipuan yang dilakukan oleh orang dengan mengeluarkan selebaran yang mirip dengan pengumuman yang dilakukan KPKNL. Harus waspada bila ada isu atau berita soal lelang ini," kata Direktur Lelang Kementerian Keuangan, Joko Prihanto dalam konferensi virtual, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Mau Jadi Pemenang Lelang di Lelang.go.id? Ini Tips Kemenkeu

Joko menuturkan, penipuan lelang biasanya gampang teridentifikasi. Sebelum menyetor sejumlah uang untuk dijadikan jaminan barang lelang, ketahui ciri-ciri lelang abal-abal terlebih dahulu.

Joko bilang, biasanya lelang abal-abal menawarkan harga yang tidak masuk akal. Misalnya mobil merek tertentu dengan harga pasaran Rp 600 juta menjadi hanya Rp 200 juta.

"Contoh kop surat (pengumuman barang-barang yang dilelang) juga tidak menunjuk KPKNL tertentu. Itu sudah tidak wajar," tutur Joko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, penipu tidak bertanggungjawab ini juga kerap mengaku sebagai pegawai DJKN yang menunjukkan identitas palsu. Biasanya mereka menjanjikan peserta bisa memenangi lelang atas barang yang peserta inginkan.

Baca juga: Minat Work From Bali? Ini 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.