Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Mandiri Sekuritas soal Kabar Bankir HSBC Indonesia Bakal Jadi CEO

Kompas.com - 19/06/2021, 12:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Sekuritas angkat bicara terkait kabar bahwa kepala perbankan investasi Indonesia HSBC Holdings Plc bakal menjadi CEO atau direktur utama di perusahaan sekuritas milik bank pemerintah itu.

Melansir Bloomberg, Sabtu (19/8/2021), nama yang mencuat adalah Oki Ramadhana, yang dikabarkan saat ini tengah mengundurkan diri dari HSBC Indonesia untuk mengisi jabatan tertinggi di Mandiri Sekuritas.

Menanggapi hal itu, Head of Corporate Secretary and Communications Mandiri Sekuritas Nadya Siregar menyatakan, penetapan direktur utama perseroan secara definitif akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Nantinya, pemegang saham yang akan memutuskan.

Baca juga: Mirza Adityaswara Resmi Jabat Komisaris Utama Mandiri Sekuritas

"Untuk penetapan Direktur Utama secara definitif, kami masih menunggu jadwal terkait pelaksanaan RUPS yang akan ditentukan oleh pemegang saham," ujar Nadya kepada Kompas.com, Sabtu (19/6/2021).

Ia menyatakan, saat ini posisi Direktur Utama Mandiri Sekuritas masih dijabat sementara oleh Silva Halim, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Capital Markets Mandiri Sekuritas.

Silvia menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Mandiri Sekuritas menggantikan posisi Dannif Danusaputro yang ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia, anak usaha PT Pertamina (Persero), pada Februari 2021 lalu.

"Dapat kami sampaikan, saat ini posisi Direktur Utama Mandiri Sekuritas masih dijabat Ibu Silva Halim selaku pelaksana tugas," imbuh Nadya.

Sebelumnya, Oki dikabarkan saat ini tinggal menunggu persetujuan dari pemegang saham dan regulator sektor keuangan untuk bergabung dengan Mandiri Sekuritas, berdasarkan sumber Bloomberg yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena hal ini belum diungkapkan ke publik.

Baca juga: Berkinerja Buruk, HSBC Bakal Keluar dari Industri Perbankan Ritel AS

Oki disebut sebagai kandidat yang terkuat di antara tiga orang yang dipertimbangkan Mandiri untuk mengisi jabatan teratas di perusahaan sekuritas itu, kata salah satu sumber.

Menurut profil LinkedIn-nya, Oki bergabung dengan HSBC pada 2021 sebagai bankir investasi senior di Indonesia setelah memimpin operasi lokal Morgan Stanley.

Potensi perpindahan Oki dari perusahaan internasional ke perusahaan lokal akan mengikuti langkah serupa yang telah dilakukan Agung Prabowo, yang pada April 2021 lalu dikabarkan akan meninggalkan UBS Group AG sebagai kepala perbankan investasi, untuk bergabung dengan PT BNI Sekuritas sebagai kepala baru di perusahaan milik bank pemerintah tersebut.

Baca juga: Bankir HSBC Indonesia Bakal Jadi CEO Mandiri Sekuritas?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com