Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Asah 6 Skill Berikut agar Pelaku UMKM Mampu Bersaing di Ranah Digital

Kompas.com - 19/06/2021, 17:33 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, transdormasi ke ranah online menjadi sebuah keniscayaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pasalnya, perilaku konsumen telah berubah. Sebagian besar dari mereka mengubah kebiasaan belanja, dari cara konvensional gerai fisik beralih ke belanja online. Kini, platform marketplace pun menjadi pilihan sebagian besar konsumen.

Maka dari itu, melakukan digitalisasi dan membuka toko online di platform marketplace menjadi langkah realistis bagi pelaku UMKM agar usaha dapat terus berjalan.

Didukung skill mumpuni, pelaku UMKM dapat meningkatkan performa penjualan dan bersaing dengan pemilik usaha sejenis.

Head of Brands Management Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, dalam menjalankan bidang usaha melalui platform e-commerce, diperlukan strategi yang sesuai dengan jenis kebutuhan dari bisnis itu sendiri.

Pasalnya, segmentasi pasar yang tepat dapat menentukan strategi yang disiapkan, yakni dengan cara menjajakan produk lewat toko online.

“Kami memiliki Kampus Shopee yang selalu mengedukasi penjual untuk bisa memaksimalkan cara memanfaatkan seluruh fitur dan layanan yang ada di Shopee. Yakni, lewat pendampingan komprehensif yang bisa diakses secara online. Dengan begitu, diharapkan penjual dapat meningkatkan pertumbuhan usahanya di Shopee.” ujar daniel.

Tak hanya itu, melansir dari Kompas.com, Selasa (15/12/2020), jika pelaku usaha sudah memiliki pengetahuan terhadap teknologi dan telah menentukan platform digital yang digunakan sesuai persona konsumennya, mereka akan lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

Agar usaha Anda dapat bersaing di era digital, berikut sederet skill yang diperlukan:

1. Penguasaan gadget

Saat ini, kemampuan penguasaan teknologi seperti gadget menjadi skill yang wajib dimiliki. Terlebih, jika kompetitor Anda sudah melakukannya lebih dulu.

Dengan menguasai gadget, pekerjaan bisa menjadi lebih efisien. Anda dapat mencari informasi dengan memanfaatkan internet, melakukan kegiatan pemasaran, dan mengerjakan kegiatan pembukuan melalui beragam aplikasi yang tersedia.

2. Skill storytelling

Kemampuan storytelling berperan penting dalam menarik konsumen. Cara ini dilakukan dengan melakukan promosi melalui cerita atau konten yang dibangun secara unik agar pelanggan tertarik untuk membeli suatu produk.

Perlu diketahui, sebuah konten dapat membekas di ingatan pembaca bila cerita di dalamnya memiliki spirit tertentu. Anda dapat membuat cerita yang relevan terkait produk yang ditawarkan.

Skill ini terbilang cukup penting untuk dikuasai. Terlebih dalam kegiatan pemasaran. Sebab, promosi yang membombardir soal diskon atau harga belum tentu membekas di benak konsumen.

3. Fotografi dasar

Foto produk menjadi penting lantaran dianggap sebagai identitas oleh penjual. Tak heran, dalam bisnis online, mereka dapat menarik perhatian konsumen dari foto. Karenanya, foto yang baik dapat membantu konsumen untuk memahami pesan yang coba disampaikan oleh penjual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com